Mengenal Manajemen Laba

Mengenal Manajemen Laba

PT Jovindo Solusi Batam telah memiliki banyak keahlian di bidang perpajakan, salah satunya jasa konsultan pajak. PT Jovindo Solusi Batam telah terjamin dan terpercaya dalam menyelesaikan masalah pajak. Di pembahasan berikut ini, PT Jovindo Solusi Batam akan memberikan sebuah informasi kepada audiens terkait Manajemen Laba. Berikut ini informasinya.

Definisi Manajemen Laba

Pada manajemen akuntansi yang satu ini adalah salah satu strategi akuntansi dengan mengelola arus kas masuk atau pendapatan perusahaan dan mengelola pengeluaran perusahaan dengan tujuan manajemen laba, untuk memastikan apabila usaha yang dikelolanya dapat menghasilkan laba operasi yang bersih.

Dalam strateginya berhubungan erat dengan laporan laba rugi atau laporan profit & loss (P&L). Strategi akuntansi ini sangatlah penting, sebab dapat menyusun strategi bisnis dan membantu bisnis Anda untuk terus bertahan dan berkembang. Adapun fungsi dari manajemen laba ini, yaitu :

  • Dapat memantau lapora laba rugi
  • Menggabungkan pemantauan laporan rugi dan pengeluaran kas
  • Tim outsource untuk manajemen laba

Faktor Munculnya Manajemen Laba

Terdapat tiga faktor munculnya manajemen laba yang harus Anda ketahui, yaitu :

  1. Manajemen Akrual : Umumnya berkaitan dengan kegiatan yang dapat berpengaruh pada arus kas perusahaan dan keuntungan perusahaan.
  2. Kebijakan Akuntansi yang Wajib : Misalnya, apabila perusahaan mewajibkan untuk menggunakan aplikasi pembukuan dalam segala kegiatan akuntansi. Dengan berkaitan atas keputusan dari manajer perusahaan untuk menerapkan kebijakan akuntansi tertentu yang bersifat wajib.
  3. Perubahan Aktiva dengan Sukarela : Dengan berkaitan pada usaha manajer perusahaan untuk mengubah strategi akuntansi. Tetapi, pada pergantian metode akuntansi ini tidaklah sembarangan, sebab harus memiliki metode akuntansi yang sudah diakui oleh badan akuntansi yang diakui.

Pola Manajemen Laba

  1. Taking a Bath : Yaitu suatu manajemen perusahaan yang menghapus sejumlah aktiva serta membebankan kisaran biaya yang diperlukan untuk masa yang akan mendatang ke dalam laporan keuangan saat ini.
  2. Income Minimization : Pada perusahaan akan berusaha untuk menurunkan labanya, apabila sedang mengalami profitabilitas yang tinggi.
  3. Income Maximization : Akan dilakukan jika laba pada perusahaan sedang mengalami penurunan dan tujuannya untuk melaporkan net income yang tinggi agar tujuan bonusnya lebih besar.
  4. Income Smoothing : Dengan dilakukan pada perusahaan agar meratakan laba yang dilaporkan secara eksternal.

Teknik Manajemen Laba

  1. Perubahan Metode Akuntansi : Metode akuntansi ini juga bisa memberikan peluang bagi manajemen dalam mencatat suatu fakta dengan cara yang berbeda, seperti mengubah metode depresiasi dari metode jumlah angka tahun pada metode depresiasi garis lurus dan mengubah periode di depresiasi.
  2. Mengatur Kebijakan Akuntansi : Berikut ini kebijakan perkiraan akuntansi, yaitu :
  • Kebijakan jumlah piutang yang tidak tertagih.
  • Kebijakan biaya garansi.
  • Kebijakan mengenai proses pengadilan yang belum ada keputusan.
  1. Perpindahan Periode Biaya : Suatu perusahaan bisa mengubah praktik akuntansi, misalnya mengubah jumlah pendapatan, biaya atau aset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *