Apa itu inward dan outward manifest?

Apa itu inward dan outward manifest?

Konsultan Pajak Batam –Sebagian masyarakat banyak yang menggunakan jasa layanan ini untuk menyelesaikan pengajuan PPN,pelaporan pajak online dan layanan pelaporan pajak tahunan di Jakarta, Bali dan Surabaya serta di daerah lainnya yang terkait pajak.Beriktut akan memberikan penjelasan tentang “APA ITU INWARD DAN OUTWARD MANIFEST?”

Dalam suatu kegiatan perdagangan internasional, komoditas yang akan diangkut masuk atau keluar dari suatu negara tak luput dari proses pengawasan. Kegiatan pengawasan itu dilakukan untuk melalui kewajiban administratif.Lantas apa devinisi dari inward manifest dan outwad manifest?

Definisi
MANIFEST adalah suatu dokumen dalam jasa pengangkut yang berupa daftar muatan barang-barang yang akan diangkut.Manifest sebagai daftar barang niaga yang akan diangkut oleh sarana pengangkut melalui laut, udara, dan darat.manifest terbagi menjadi dua, yaitu inward manifest dan outward manifest.

INWARD MANIFEST merupakan pemberitahuan pabean untuk daftar muatan barang niaga yang diangkut oleh sarana pengangkut melalui laut, udara,dan melalui darat pada saat memasuki dari kawasan pabean yang disampaikan oleh pengangkut ke suatu kantor pabean.

Inward manifest ini sangat wajib diserahkan kepada pengangkut yang sarana pengangkutnya akan datang dari luar daerah pabean. Inward manifest juga harus diserahkan kepada pengangkut yang mengangkut barang impor, barang ekspor, dan barang yang berasal dari daerah pabean untuk diangkut ke tempat lain dalam daerah pabean melalui luar daerah pabean.

Inward manifest itu harus diserahkan sebelum batas waktu yang ditentukan.sarana pengangkut yang melalui laut harus menyerahkan inward manifest paling lambat 24 jam sebelum kedatangan sarana pengangkut.

Begitu pun dengan sarana pengangkut yang melalui udara.Sarana pengangkut yang melalui darat harus menyerahkan inward manifestnya paling lambat saat kedatangan sarana pengangkut.

Sedangkan, OUTWARD MANIFEST merupakan pemberitahuan pabean untuk daftar muatan barang niaga yang diangkut oleh sarana pengangkut melalui laut, udara,dan melalui darat pada saat keluar dari kawasan pabean yang disampaikan oleh pengangkut ke suatu kantor pabean.

Dari inward manifest dan outward manifest itu kita dapat mengetahui beberapa informasi penting antara lain Sarana Pengangkut, nomor pelayaran atau nomor penerbangan, NPWP pengirim (dalam hal wajib memiliki NPWP), serta uraian barang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *