Mengenal Utang Beserta Jenisnya

Mengenal Utang Beserta Jenisnya

PT Jovindo Solusi Batam merupakan Konsultan Pajak yang telah Terpercaya dan Teruji. Kali ini, PT Jovindo Solusi Batam akan mengenalkan sebuah informasi kepada audiens terkait Utang yang Beserta Jenisnya. Simak informasinya berikut ini.

Definisi Utang

Utang atau pinjaman ini merupakan tanggungan yang wajib untuk dibayarkan sebab adanya transaksi pembelian pada suatu barang atau jasa dengan kredit, dan dibayarkan pada jangka waktu yang tertentu. Apabila meninjau pada seluruh definisi diatas, maka pinjaman usaha atau dagang yang dilakukan dengan kredit ini bisa saja berbentuk pinjaman atau utang lancar, tidak lancar dan macet.

Dalam utang lancar yakni kewajiban pada perusahaan yang telah lunas sebelum tanggal jatuh tempo. Sementara untuk utang yang tidak lancar adalah kewajiban pada perusahaan yang telah lunas tetapi mengalami keterlambatan dengan kurang dari 30 hari. Kemudian, utang macet ialah kewajiban pada perusahaan yang tidak bisa dilakukan setelah jatuh tempo dengan lebih dari 30 hari.

Ciri-Ciri pada Utang

Terdapat ciri-ciri dari utang, diantaranya yaitu :

  1. Terdapat dua pihak yang telah sepakat dalam perjanjian utang
  2. Mempunyai tujuan penggunaan
  3. Terdapat aset yang dijadikan sebagai jaminan pada utang
  4. Terdapat jangka waktu yang berlaku
  5. Menjadi kewajiban yang harus dibayarkan pada pihak yang meminjam

Jenis-Jenis Utang dengan Berdasarkan Jangka Waktu

  1. Jangka Pendek : Pada pinjaman ini wajib dibayarkan dalam jangka waktu singkat atau 1 tahun dari tanggal neraca. Adapun sumber yang digunakan perusahaan dalam membayar utang jangka pendek ini, ialah :
  • Utang dagang : Yaitu digunakan untuk melakukan transaksi pembelian pada bahan produksi dan biasanya pada perusahaan dibidang produksi.
  • Utang pajak : Dengan disebabkan pada transaksi keluar masuk di sebuah perusahaan akan terkena pajak. Jika perusahaan sering dalam melakukan transaksi penjualan, maka pajaknya semakin besar.
  • Utang biaya : Dalam utang biaya ini harus segera dilunaskan pada perusahaan, supaya tidak menjadi beban di awal.
  • Utang wesel : Yaitu pinjaman dengan adanya bukti tertulis dan biasanya perusahaan membayarkan sesuai pada waktu yang sudah disepakati di kedua belah pihak.

 

  1. Jangka Menengah : Timbulnya utang jangka menengah ini disebabkan pada setiap perusahaan tidak akan selalu sepakat dalam melunasi pinjaman di jangka waktu panjang. Dengan waktu pelunasannya yakni 10 tahun atau kurang 10 tahun.

 

  1. Jangka Panjang : Dengan waktu pelunasan yaitu sampai 10 tahun dan pinjaman ini memiliki nominal yang besar, sehingga waktu pelunasannya lama serta dilakukan dengan dicicil atau bertahap.

Jenis-Jenis Utang dengan Berdasarkan Pengelolaan Keuangan

  1. Utang Produktif : Yaitu digunakan untuk tujuan yang bermanfaat, contohnya untuk modal usaha, investasi dan lainnya.

 

  1. Utang Konsumtif : Yaitu digunakan pada kebutuhan mendesak dengan bersifat konsumtif, berarti digunakan dalam kepentingan yang tidak terlalu penting. Contohnya yakni perabotan rumah, mobil, sepeda motor dan sebagainya. Untuk membeli barang seperti itu dengan berhutang tidaklah benar, sebab barang ini akan mengalami penyusutan nilai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *