Perbedaan Antara Gaji Dan Upah

Perbedaan Antara Gaji Dan Upah

Jovindo Solusi Batam telah berpengalaman sejak tahun 2011 dalam membantu pengusaha-pengusaha untuk melakukan kewajiban pajak, baik wajib pajak perusahaan maupun wajib pajak pribadi. Kami memberikan pelayanan sepenuh hati, profesional dan selalu berorientasi pada kepercayaan dan kerahasiaan klien. Ratusan klien pun telah mempercayakan kebutuhan mereka di sini. Kami memberikan pelayanan untuk perusahaan dagang, jasa, manufaktur bahkan melayani pajak pribadi dari segala profesi.

Banyak sekali yang mengira Upah dan Gaji memiliki pengertian yang sama padahal pada kenyataannya adalah berbeda. Terdapat kriteria yang membedakan keduanya, berikut PT Jovindo Solusi Batam jabarkan untuk sobat pajak.

Definisi Gaji Dan Upah

Pada umumnya setelah menyelesaikan suatu pekerjaan, seseorang akan mererima upah atau gaji. Banyak yang mengira upah dan gaji adalah hal yang sama, padahal sebenarnya berbeda. Hal yang paling dasar membedakan keduanya adalah berdasarkan definisinya.

Beracuan pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)  Gaji merupakan upah kerja yang dibayarkan dalam jangka waktu yang tetap, atau balas jasa yang diterima oleh pekerja dalam bentuk uang berdasarkan waktu tertentu. Sedangkan yang dimaksud dengan upah adalah uang atau lainnya yang dibayarkan sebagai balas jasa atau bentuk pembayaran tenaga yang telah dipakai untuk mengerjakan sebuah pekerjaan.

Perbedaan Antara Gaji Dan Upah

Berikut hal yang menbedakan antara Gaji Dan Upah :

  1. Perbedaan Waktu

Gaji biasanya dibayarkan secara rutin sesuai periode yang telah ditetapkan sesuai perjanjian kerja, umumnya setiap akhir bulan. Sedangkan untuk upah akan dibayarkan apabila pekerja menyelesaikan pekerjaannya serta periode pembayarannya tidak menentu  atau tidak teratur.

  1. Status Kepegawaian

Istilah gaji dipakai untuk pegawai yang berstatus karyawan tetap atau karyawan kontrak dengan jangka waktu tertentu. Sedangkan untuk pekerja harian, pekerja lepas, pekerja harian atauapun musiman menggunakan istilah upah.

  1. Komponen Penyusun

Pada gaji nantinya tersusun atas gaji pokok, tunjangan serta kompensasi yang diberikan oleh perusahaan. Lain hal nya dengan gaji, upah hanya berupa komponen tunggal tanpa tunjangan dan embel-embel lainnya.

Itu tadi pembahasan mengenai Perbedaan Upah Dan Gaji, dari PT Jovindo Solusi Batam. Jika terdapat pertanyaan mengenai hal seputar perpajakan, jangan ragu untuk menghubungi PT Jovindo Solusi batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *