Mengenal Fungsi Dan Peran NPWP Bagi Wajib Pajak

Mengenal Fungsi Dan Peran NPWP Bagi Wajib Pajak

PT Jovindo Solusi Batam merupakan perusahaan yang professional dan telah terpercaya. Yang menyediakan jasa konsultan, jasa manajemen dan jasa pembukuan. Dengan ini kami siap dalam menangani permasalahan pajak Anda. Kali ini, PT Jovindo Solusi Batam akan membahas informasi terkait tentang Mengenal NPWP Bagi Wajib Pajak. Berikut ini penjelasannya.

Pajak merupakan suatu pungutan wajib yang harus dibayarkan oleh rakyat untuk negara. Dimana hasil dari perolehan pajak tersebut yang nantinya akan digunakan untuk berbagai kepentingan pemerintah dan masyarakat umum. Pajak memiliki sebuah peran yang sangat penting yaitu sebagai sumber pendanaan terbesar yang pemerintah miliki dalam melakukan pembangunan nasional. Sebagai warga negara yang baik, membayar pajak yang sesuai dengan ketentuan adalah kewajiban yang harus dilakukan. Salah satu dari bentuk ketaatan dalam membayarkan pajak yaitu dengan memiliki sebuah Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

NPWP merupakan sebuah identitas yang dimiliki oleh seorang wajib pajak (WP). NPWP diberikan kepada seorang WP sebagai bentuk sarana yang penting dalam melakukan administrasi perpajakan. NPWP juga digunakan sebagai suatu tanda pengenal diri atau identitas diri dari seorang WP dalam melakukan hak dan kewajibannya.

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan telah melakukan himbauan kepada seluruh masyarakat untuk mendaftarkan dirinya menjadi seorang Wajib Pajak (WP). Serta mendapatkan sebuah manfaat dari upaya tersebut. Himbauan tersebut juga ditujukan bagi setiap masyarakat yang sudah memenuhi persyaratan baik itu berupa subjektif dan objektif sebagaimana telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan perpajakan. Perlu diketahui, NPWP untuk perorangan tidak boleh digunakan untuk perusahaan, begitu pula dengan sebaliknya. Jadi, bagi seseorang yang memiliki sebuah perusahaan, maka diwajibkan memiliki NPWP perorangan dan NPWP badan.

Fungsi dan peran dari NPWP tidak kalah pentingnya dengan Kartu Tanda Penduduk ataupun KTP. Dimana keduanya memiliki sebuah fungsi penting yaitu sebagai tanda identitas. Kurangnya sebuah pemahaman dan pengetahuan mengenai manfaat dan fungsi dari NPWP, membuat Sebagian besar orang belum memiliki kesadaran akan pentingnya NPWP. Berikut ini beberapa alasan penting kenapa kita harus memiliki NPWP:

  1. Syarat Administrasi Bank

NPWP memiliki sebuah fungsi yang sangat penting dalam mengurus proses administrasi perbankan. Hal ini dikarenakan, NPWP menjadi salah satu dari syarat utama dokumen pendukung yang harus dilengkapi ketika ingin mengajukan kredit ke bank. Selain itu, NPWP juga dibutuhkan untuk membuat sebuah rekening koran, hingga membuka tabungan. Dengan memiliki kepemilikan NPWP, pihak bank juga dapat memberikan kredit pinjaman dalam jumlah yang besar.

  1. Syarat Pembuatan Paspor

NPWP juga menjadi salah satu dari syarat untuk melakukan proses pembuatan paspor. Mungkin masih banyak orang diluar sana yang belum mengetahui hal ini. Didalam proses pembuatan paspor anda diharuskan memiliki NPWP sebagai salah satu dari syarat utama dalam pembuatan paspor.

  1. Syarat berupa Pengajuan dan Pembuatan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)

SIUP merupakan sebuah surat izin bagi badan usaha tertentu. Yang mana surat izin ini diterbitkan pemerintah daerah agar anda dapat menjalankan suatu usaha. SIUP tidak hanya dimiliki badan usaha besar seperti sebuah perusahaan saja, tapi juga dapat dimiliki badan usaha yang berskala kecil, seperti UKM dan UMKM. Tanpa SIUP, maka badan usaha yang dimiliki tentu tidak diperbolehkan untuk berjalan atau bisa dianggap sebagai usaha yang ilegal. Salah satu syarat dalam melakukan pengurusan SIUP yaitu sudah memiliki NPWP baik berupa NPWP pribadi maupun NPWP badan.

  1. Mempermudah Urusan Perpajakan

Dengan memiliki sebuah NPWP, maka anda dapat mengurusi berbagai urusan dalam perpajakan dengan lebih muda. Ini dikarenakan NPWP menjadi salah satu dari syarat utama yang harus dimiliki oleh wajib pajak Ketika sedang mengurusi berbagai keperluan perpajakan. Selain itu, NPWP ini juga penting saat anda perlu mengurus proses restitusi dalam pajak maupun untuk mengetahui jumlah dari pajak yang harus dibayarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *