Mengenal Apa Itu Akuntansi

Mengenal Apa Itu Akuntansi

PT Jovindo Solusi Batam bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berkonsultasi dengan anda di bidang perpajakan, karena perusahaan ini sudah terjamin professional dan terpercaya di Batam. Kali ini, PT Jovindo Solusi Batam akan membahas informasi terkait tentang Mengenal Apa Itu Akuntansi. Berikut ini pembahasannya.

Hanya beberapa dari kita yang mengetahui tentang banyaknya fungsi dan jenis akuntansi yang digunakan dalam suatu industri atau perusahaan. Adapun kita seringkali menganggap akuntasi yang digunakan di sebuah perusahaan akan sama saja jenis akuntansi yang digunakan di perusahaan lain. Akan tetapi, penggunaan suatu jenis akuntasi biasanya akan didasarkan pada jenis dan bidang industri dari suatu perusahaan.

Pengertian Dari Akuntansi

Secara sederhananya, akuntansi merupakan sebuah proses mencatat, mengelompokkan, menganalisis, dan mengkomunikasikan informasi keuangan suatu entitas kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Baik itu untuk perusahaan, organisasi nirlaba, ataupun individu.

Adapun menurut American Accounting Association (AAA), akuntansi merupakan suatu sistem yang digunakan untuk pengidentifikasian dan pengukuran untuk memberikan sebuah laporan informasi ekonomi dan penilaiannya. Tujuannya adalah untuk melakukan sebuah perhitungan secara periodik pada suatu usaha atau pengeluaran terhadap hasil yang dicapai.

Manfaat Dari Akuntansi

Akuntansi berupa umum dan banyak digunakan didalam dunia bisnis, baik digunakan oleh perusahaan kecil hingga perusahaan besar. Adapun sejumlah fungsi dari Akuntansi untuk bisnis antara lain, sebagai berikut:

  1. Data Untuk Kepentingan Internal

Akuntansi juga dapat menyajikan sejumlah data yang penting untuk keperluan internal sebuah perusahaan seperti dengan melakukan perencanaan mengenai strategi perusahaan, pertumbuhan perusahaan dan pertumbuhan keuangan perusahaan.

  1. Data Untuk Investor

Akuntansi dapat digunakan untuk menunjukkan posisi perusahaan, serta bagaimana kinerjanya, sehingga pihak investor dapat memberikan keputusan yang benar.

  1. Dasar Penilaian untuk Mendapat Pinjaman

Memiliki kemiripan dengan data untuk investor, adapun data dan kinerja yang tercermin dalam laporan akuntansi untuk perusahaan juga menjadi sebuah dasar penilaian dari bank apabila perusahaan tersebut hendak mengajukan bantuan berupa modal atau pinkaman.

  1. Melacak Pembayaran

Akuntansi juga dapat membantu perusahaan dalam melakukan pencatatan piutang dan hutang usaha dalam penjualan yang terjadi. Dengan adanya akuntansi ini serta dilakukannya pencatatan keuangan, perusahaan atau bisnis dapat mempertanggungjawabkan keuangannya terhadap pihak yang berkepentingan.

Fungsi dan Jenis Akuntansi

Adapun penggunaan suatu jenis akuntasi biasanya akan didasarkan pada jenis dan bidang industri pada suatu perusahaan. Berikut ini ada beberapa jenis akuntansi yakni:

  1. Akuntansi Keuangan (General Accounting / Financial Accounting)

Jenis akuntansi ini merupakan yang paling umum dan banyak digunakan dalam suatu perusahaan. Pada akuntansi jenis ini terdapat sebuah aktivitas pencatatan dan penyajian laporan keuangan dalam satu periode. Jenis akuntansi ini juga berfokus pada penyusunan sebuah laporan keuangan, seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas.

  1. Akuntansi Manajemen (Management Accounting)

Akuntansi manajemen ini berfokus dengan menyediakan sebuah informasi keuangan dan non-keuangan yang relevan bagi suatu manajemen dalam pengambilan keputusan internal. Adapun laporan keuangan dan non keuangan pada akuntansi manajemen bersifat rahasia dan juga hanya diperuntukkan pada pihak internal perusahaan / manajemen saja.

  1. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Akuntansi biaya merupakan sebuah jenis akuntansi yang dapat digunakan untuk mengelola berbagai hal yang terkait akan biaya perusahan. Dengan adanya akuntansi ini pula, sebuah perusahaan dapat mengendalikan dan merencanakan biaya operasionalnya.

Perusahaan yang menjalankan sebuah usaha dalam bidang produksi umumnya menggunakan jenis akuntansi ini untuk mencatat biaya produksinya seperti biaya bahan baku, overhead sampai biaya tenaga kerja.

  1. Akuntansi Pajak (Tax Accounting)

Akuntansi pajak merupakan jenis akuntansi yang berhubungan dengan perhitungan pada pajak. Akuntansi ini juga digunakan untuk menghitung dan menetapkan jumlah pajak terutang yang akan ditanggung sebuah perusahaan.

  1. Akuntansi Pemeriksaan (Auditing)

Jenis akuntansi ini merupankan jenis yang akan digunakan untuk audit ataupun untuk melakukan pemeriksaan transaksi dan laporan keuangan. Adapun hasil pemeriksaan dari akuntansi ini nantinya dijadikan dasar untuk memberikan penilaian dan opini atas kelayakan pada laporan keuangan yang akan diperiksa.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian, fungsi, serta jenis-jenis dari akuntansi yang umumnya terdapat dan digunakan oleh suatu perusahaan dalam dunia bisnis dan usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *