Mengenal Pemberian Insentif

Mengenal Pemberian Insentif

PT Jovindo Solusi Batam siap untuk menyelesaikan permasalahan perpajakan Anda dan telah melayani klien dengan baik, sehingga cocok untuk pendamping perpajakan Anda. Pada kali ini, PT Jovindo Solusi Batam akan mengenalkan sebuah informasi kepada audiens yang terkait Pemberian Insentif. Simak informasi berikut ini.

Pengertian Insentif

Insentif merupakan bonus atau kompensasi yang diberikan manajemen pada perusahaan ke karyawan dan ini termasuk diluar dari upah atau gaji yang diterimanya tiap bulan. Tujuannya yaitu untuk mendorong karyawan supaya bisa bekerja dengan lebih giat, menunjukkan prestasi lebih dan mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Adapun manfaat dari  pemberian insentif ini, yaitu :

  • Bagi Karyawan : Bisa meningkatkan motivasi karyawan agar bekerja dengan semaksimal mungkin dan memberikan yang terbaik bagi perusahaan.
  • Bagi Perusahaan : Mendorong karyawan untuk bekerja dengan lebih giat dalam meningkatkan performanya dan menjadi lebih disiplin dalam bekerja.

 

Jenis-Jenis Insentif

Berikut ini jenis-jenis pada insentif, diantaranya yaitu :

  • Insentif Finansial : Yaitu insentif yang diberikan dengan bentuk uang dan tidak termasuk gaji utama. Bisa diberikan dengan berdasarkan keuntungan pada perusahaan dapatkan, serta melalui hal yang menyangkut kesejahteraan karyawan, seperti jaminan hari tua, kesehatan dan lainnya.
  • Insentif Non-Finansial : Yaitu insentif yang diberikan dengan bentuk selain dari uang.

Terdapat juga jenis insentif yang tidak dirasakan dengan langsung pada karyawan, yakni isentif sosial. Contohnya ialah hubungan rekan kerja yang semakin baik dan kompak.

Risiko Kerugian

Dengan munculnya rasa ketidakadilan karyawan dikarenakan standar kompensasi yang sulit untuk diukur. Bukan hanya itu, pemberian imbalan ini bisa berjalan dengan kurang optimal dengan disebabkan adanya faktor internal dan eksternal pada perusahaan. Contohnya yakni permintaan pasar yang sedang menurun dapat menyebabkan angka penjualan ikut menurun. Risiko yang lain yakni perusahaan bisa mengesampingkan kualitas, layanan dan tujuan jangka panjang, disebabkan berfokus hanya pada produktivitas atau output jangka pendek saja.

Cara Memberikan Imbalan dengan Efektif

  • Kinerja atau prestasi pada karyawan
  • Efisiensi pada pekerjaan karyawan
  • Jabatan atau tingkat senioritas pada karyawan di perusahaan
  • Keadilan dan kelayakan pada karyawan dalam menerima insentif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *