Perencanaan Pajak Jelang Tahun Baru

Perencanaan Pajak Jelang Tahun Baru

PT Jovindo Solusi Batam membuka layanan Pendampingan perpajakan dan pembukuan pajak. tidak perlu khawatir kami telah terpercaya dan amanah serta telah berpengalaman dalam menangani berbagai permasalahan perpajakan.

Bagi pelaku usaha dapat mengelola pajak dengan baik dan lebih sistematis dengan melakukan perencanaan pajak sehinggga perusahaan sebagai wajib pajak badan dapat membayar pajak sesuai jumlah yang semestinya dan melaksanakan kewajiban perpajakan secara tepat .

Lalu hal apa saja yang harus diperhatikan dalam perencanaan pajak ? Berikut PT Jovindo Solusi Batam akan menjabarkankan untuk Anda.

Perencanaan Pajak

Pada perpajakan terdapat istilah Perencanaan Pajak ( tax planning ), yaitu suatu kapasitas yang dimiliki wajib pajak untuk menyusun jalannya keuangan untuk mendapat pengeluaran (beban) pajak yang minimal. Tax planning bertujuan mengurangi jumlah pajak yang menjadi tanggung jawab dan harus diselesaikan oleh wajib pajak yang bersangkutan.

Berikut ini perencanaan pajak secara umum:

  1. Pengembalian kelebihan atas pembayaran pajak (restitusi) dan kompensasi .
  2. Merekonsiliasi PPN dengan penjualan.
  3. Meminta NSFP untuk faktur pajak di tahun depan.
  4. Perhatikan jadwal setor dan lapor pajak guna menghindari denda.

Tidak terasa tahun baru 2023 segera datang. Diperlukan perencanaan pajak sebelum tahun 2022 ini berakhir.

Restitusi dan Kompensasi

Restitusi merupakan istilah yang mengarah pada permohonan pengembalian pembayaran pajak yang diajukan oleh wajib pajak kepada negara. Pengajuan restitusi berdasarkan kelebihan bayar yang dialami wajib pajak.

Rekonsiliasi PPN dengan Penjualan

Proses mencocokan data pada SPT Masa PPN dengan SPT Tahunan perusahaan disebut Rekonsiliasi. Proses rekonsiliasi PPN dilakukan dengan cara mengambil angka penjualan yang kemudian dikalikan dengan 10%. Setelah mendapatkan nilai penjualan dan PPN keluaran serta nilai pembelian dan PPN masukan inilah, baru PKP dapat melaksanakan proses pengecekan dengan yang telah dilaporkan dalam SPT Masa PPN setiap bulannya.

Meminta NSFP untuk Faktur Pajak di Tahun Depan

Nomor seri yang diberikan Ditjen Pajak kepada PKP lewat mekanisme tertentu yang nantinya akan digunakan oleh PKP untuk menerbitkan faktur pajak inilah yang disebut NSFP. NSFP dapat diminta setiap akhir tahun untuk faktur pajak tahun depan.

Memperhatikan Jadwal Setor dan Lapor Pajak

Wajib Pajak harus melaporkan pajak sebelum tanggal jatuh tempo yang sudah ditentukah oleh pemerintah Untuk menghindari denda pajak. Salah satu solusi agar terhindar dari beban denda pajak adalah dengan senantiasa memerhatikan kalender.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *