Manfaat Studi Kelayakan Bisnis Sebelum Memulai Usaha

Konsultan Pajak Batam – Kini makin banyak masyarakat  menggunakan Konsultan Pajak untuk menyelesaikan pengajuan PPN,  pelaporan pajak online dan layanan pelaporan pajak tahunan di Jakarta, Bali dan Surabaya serta daerah yang terkait pajak. Nah Kali ini  akan diberikan penjelasan tentang “Manfaat Studi Kelayakan Bisnis Sebelum Memulai Usaha.”

Definisi studi kelayakan bisnis

Sederhananya, studi kelayakan bisnis adalah studi yang dilakukan untuk menentukan apakah bisnis itu layak.

Definisi yang lebih komprehensif, studi kelayakan bisnis adalah aktivitas mengidentifikasi masalah dan peluang bisnis, menetapkan tujuan, menggambarkan situasi, menentukan hasil positif, dan mengevaluasi biaya biaya dan manfaat yang berbeda yang terkait dengan beberapa solusi alternatif untuk  masalah. Bagi calon pengusaha, penelitian ini penting dilakukan karena dapat membantu menghindari kerugian. Dalam studi kelayakan bisnis, ada 5 bidang yang perlu diteliti dan dianalisis, antara lain:

  1. Deskripsi Kontrak
  2. Deskripsi perusahaan
  3. Teknologi yang dibutuhkan
  4. Rincian struktur keuangan dan organisasi perusahaan
  5. Kesimpulan tentang perusahaan lahir untuk dapat berkembang

Manfaat dan Tujuan studi

  • Meminimalkan risiko kerugian

Sebuah bisnis berada pada risiko kerugian dengan menerima keuntungan. Oleh karena itu, pengusaha harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang untuk menghindari risiko kerugian tersebut. Dengan melakukan studi kelayakan ini, pengusaha dapat meminimalkan risiko kerugian yang mungkin terjadi dalam usahanya.

  • Sederhanakan rencana bisnis

Anda Saat melakukan studi kelayakan, pengusaha menerima semua informasi tentang bisnisnya, termasuk kelebihan dan kekurangannya. Analytics memudahkan pengusaha untuk membuat rencana. Tidak hanya itu, pengusaha juga bisa membuat rencana bisnis yang akan menguntungkan perusahaan.

  • Sederhanakan Pelaksanaan Pekerjaan

Perencanaan yang  tepat menyederhanakan implementasi, memungkinkan karyawan untuk menerima bimbingan dan tetap fokus pada tujuan mereka. Dengan cara ini, rencana bisnis dapat berjalan sesuai rencana.

  • Kemudahan Pengawasan

Pengawasan proses bisnis menjadi lebih mudah bila dilaksanakan sesuai dengan rencana yang dikembangkan melalui penelitian. Pengawasan ini dilakukan untuk memastikan bisnis tetap berjalan sesuai rencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *