Jenis- Jenis Saluran Distribusi & Faktor Penentuan Jalur Distribusi

Konsultan Pajak Batam – Sebagian besar banyak masyarakat menggunakan Konsultan Pajak untuk menyelesaikan pengajuan PPN,  pelaporan pajak online dan layanan pelaporan pajak tahunan di Jakarta, Bali dan Surabaya serta daerah yang terkait pajak. Nah Kali ini  akan diberikan penjelasan tentang  “Jenis- Jenis Saluran Distribusi & Faktor Penentuan Jalur Distribusi”

Jenis- Jenis Saluran Distribusi

Di dalam dunia pemasaran ada dua jenis saluran distribusi  yaitu saluran distribusi langsung serta saluran distribusi tidak langsung.

1.Saluran Distribusi Langsung

Saluran distribusi ini adalah yang paling sederhana dan terpendek karena tidak ada perantara. Jadi hanya ada  produsen dan konsumen. Barang akan pindah dari tangan ke tangan secara langsung dari produsen ke konsumen.

2.Saluran Distribusi tidak langsung.

Jenis ini mencakup beberapa  perantara  distribusi. Ada beberapa jenis lainnya, misalnya:

  • Saluran tingkat satu

Produsen gunakan saluran ini sebagai  pemberian layanan kepada pengecer dalam jumlah lebih besar. Secara eceran, barang dijual dalam jumlah kecil (eceran) ke tangan konsumen.

  • saluran tingkat dua

Tidak seperti saluran tingkat tunggal, saluran ganda berisi dua perantara: grosir dan pengecer. Dengan demikian, produsen menjual produk mereka dalam jumlah besar atau dalam jumlah besar ke grosir dan kemudian mengirimkannya ke pengecer dan akhirnya ke  konsumen.

  • saluran tingkat tiga

Ini bisa disebut saluran penjualan yang panjang karena  melibatkan tiga perantara: distributor, grosir dan pengecer.

Produsen  menjual produk ke Agen. Agen kemudian menjual ke grosir. Pedagang grosir kemudian menjual barang tersebut ke pengecer. Pengecer kemudian menjual barang tersebut ke pengguna akhir.

Faktor Penentuan Jalur Distribusi

Pemilihan dan aktivitas saluran distribusi ditentukan oleh beberapa faktor.

  1. Pasar: Saluran distribusi dapat ditentukan sesuai dengan permintaan pasar.
  2. Definisi Produk: Kualitas produk mempengaruhi definisi saluran distribusi. Misalnya, berat suatu barang dapat meningkatkan biaya pengiriman.
  3. Mendefinisikan perusahaan Anda: Mendefinisikan perusahaan Anda pasti akan memberi Anda kemampuan untuk mendistribusikan, membeli dan mengontrol produk Anda sebagai pemasok produk.

4. Pengertian perantara : Produsen memberikan jasa kepada konsumen untuk membeli barang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *