Perbedaan Antara Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Perbedaan Antara Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

PT Jovindo Solusi Batam merupakan perusahaan yang sudah professional dan juga terpercaya yang ada di Batam. Kami juga sudah banyak memiliki pengalaman di bidang perpajakan. Maka dengan ini kami siap saat menangani permasalahan pajak Anda. Kali ini, PT Jovindo Solusi Batam akan membahas informasi terkait tentang Perbedaan Antara Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen. Berikut ini penjelasannya.

Akuntansi dibedakan menjadi dua yaitu akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Akuntansi keuangan biasanya digunakan orang-orang di luar perusahaan atau organisasi, sedangkan, akuntansi manajemen digunakan orang-orang didalam suatu perusahaan atau organisasi.

Akuntansi manajemen merupakan suatu informasi keuangan yang didapatkan dari berbagai tipe akuntansi manajerial, biasanya digunakan oleh pengguna internal sebuah perusahaan. Proses mempersiapkan laporan operasional bisnis tersebut membantu manajer ataupun pimpinan membuat suatu keputusan dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Akuntansi manajemen dapat membantu bisnis dalam mengejar tujuannya dengan mengidentifikasi, mengukur, menganalisis, menafsirkan dan mengkomunikasikan informasi kepada manajer.

Akuntansi manajemen sangat penting dalam menyediakan informasi untuk masyarakat secara keseluruhan, terutama dalam pengambil keputusan, para manajer, dan profesional. Akuntansi manajemen memiliki fungsi yaitu sebagai mediator konflik, hal itu merupakan salah satu spesialisasi akuntansi yang dapat membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan. Sedangkan untuk fungsi lainnya dapat memberikan informasi tentang akibat konflik tersebut.

Berikut ini merupakan perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen, yakni:

  1. Berdasarkan pada tujuan

Akuntansi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dapat menggambarkan kondisi dan performa dalam perusahaan pada periode tertentu.

Sedangkan, Akuntansi manajemen untuk menghasilkan laporan yang secara spesifik dan detail, dalam mengidentifikasi masalah yang timbul serta menyelesaikan masalah tersebut.

  1. Berdasarkan pada pengguna laporan

Akuntansi keuangan dapat membantu pihak eksternal pada saat membuat keputusan yang terkait dengan ekonomi dan juga investasi sehingga dapat dilakukannya suatu evaluasi kinerja manajemen didalam menjalankan bisnis.

Sedangkan, akuntansi manajemen digunakan untuk menyediakan sebuah informasi keuangan bagi keperluan pihak manajemen ataupun pihak internal perusahaan yang akan dipakai sebagai bahan evaluasi dan juga sarana pengambilan keputusan untuk perusahaan.

  1. Berdasarkan pada rentang waktu

Akuntansi keuangan menghasilkan laporan keuangan yang mencakup dalam jangka waktu tertentu, seperti misalnya pada periode selama satu tahun, setengah tahun, ataupun bulanan.

Sedangkan, akuntansi manajemen memiliki rentang waktu yang jauh lebih fleksibel dibandingkan dengan akuntansi keuangan, seperti misalnya harian ataupun mingguan.

  1. Berdasarkan pada fokus informasi

Akuntansi keuangan ini berfokus pada informasi dimasa lalu dengan memberikan suatu gambaran terhadap pertanggungjawaban manajemen didalam perusahaan atas pengelolaan dana perusahaan.

Sedangkan, akuntansi manajemen lebih cenderung berorientasi pada masa yang akan datang.

  1. Berdasarkan pada tipe informasi

Akuntansi keuangan hanya akan mengukur mengenai keuangan saja dan juga berpedoman kepada Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang telah berlaku.

Sedangkan, akuntansi manajemen akan mengukur keuangan dan juga operasional serta pengukuran pada fisik proses, supplier, teknologi, kompetitor, dan juga pelanggan. Laporan ini tidak memiliki batasan kepada prinsip akuntansi. (HNS)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *