Mengenal Rekening Koran dan Cara Mengajukannya

Mengenal Rekening Koran dan Cara Mengajukannya

PT Jovindo Solusi Batam adalah perusahaan konsultan pajak yang menawarkan layanan konsultan, pembukuan, dan manajemen perpajakan. Kami bekerja secara professional, akurat, dan memiliki pengalaman di bidang perpajakan. PT Jovindo Solusi Batam akan berbagi informasi terkait rekening koran dan cara mengajukannya. Simak informasinya berikut ini.

Rekening koran merupakan ringkasan dari total transaksi keuangan suatu rekening, yang dapat berupa rekening milik perseorangan/individu atau rekening milik suatu organisasi perusahaan. Data yang terkait dengan rekening koran berkaitan dengan alur debit dan kredit, serta kas dari  transaksi masuk dan/atau keluar.

Nasabah biasanya mendapatkan semua rincian data transaksi di rekening mereka dengan mencetak laporan bank. Seiring kemajuan teknologi, nasabah kini dapat memeriksa alur dana di rekeningnya secara online dengan memanfaatkan mobile application, website bank, atau mesin ATM. Nasabah dapat melihat seluruh riwayat transaksi hingga mutasi.

Fungsi dan Manfaat Rekening Koran

  1. Memahami Ringkasan Transaksi

Rekening koran sama seperti buku tabungan yang mencerminkan transaksi yang terjadi selama periode tiga bulan. Biasanya berisi saldo awal-akhir bulan, arus debit-kredit, bunga bank, dan biaya administrasi. Manfaat rincian dokumen berisi tanggal, waktu, dan pesan yang tercantum saat transaksi selesai, serta informasi tambahan yang tepat.

  1. Untuk Pengajuan Visa

Saat mengajukan visa, Anda harus bisa menunjukkan bahwa Anda memiliki uang tunai yang cukup untuk memastikan tidak ada kekurangan di negara tujuan. Secara umum, persyaratannya meminta Anda menyerahkan dokumen yang mungkin memberikan informasi tentang situasi finansial Anda.

Surat Pemberitahuan Pajak Penghasilan (PPh) 21, slip gaji, Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), serta riwayat transaksi 3 atau 6 bulan sebelumnya semuanya dapat diperoleh dengan mencetak rekening koran.

  1. Sebagai Bukti Hukum

Ketika Anda terlibat perselisihan dengan pihak lain mengenai mutasi rekening, dokumen ini bisa dijadikan sebagai bukti hukum. Misalnya, Anda mungkin baru saja mentransfer uang ke penjual produk yang Anda beli, namun pihak penjual tersebut mengaku bahwa uang tersebut belum masuk ke rekening penjual, sehingga transaksi Anda tidak dapat dipenuhi. Rekening bank dapat membuktikan hal ini. Apalagi jika jumlah uang yang dikirimkan berjumlah besar.

  1. Sebagai syarat pengajuan pinjaman

Saat mengajukan kredit/pinjaman melalui bank, seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), atau Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), biasanya pihak bank memerlukan catatan riwayat transaksi keuangan Anda, seperti fotokopi dari lembar rekening koran yang diterbitkan bank.

Dengan kata lain, Anda dapat menggunakan kertas ini sebagai dokumen pendukung ketika mengajukan atau mengajukan tuntutan keuangan. Ini mungkin juga menjadi bukti bahwa situasi keuangan Anda stabil.

  1. Mengikuti Lelang

Bagi Anda yang pernah melakukan lelang pasti sudah mengetahui bahwa salah satu dokumen yang diperlukan adalah rekening koran. Apalagi jika lelang yang digelar berkaitan dengan lelang proyek milik swasta atau pemerintah. Peserta lelang harus memberikan bukti kepemilikan dana dengan menunjukkan jumlah saldo di rekeningnya dan melampirkan courant (dalam bahasa Belanda) sebagai syarat lelang.

  1. Audit Keuangan Perusahaan

Rekening koran sangat penting bagi badan perusahaan atau suatu perusahaan. Perannya di dalam Perusahaan adalah merangkum daftar keuangan, termasuk arus transaksi masuk dan keluar. Alhasil, jika ada hal yang tidak diinginkan dalam arus keuangan perusahaan, akan langsung diproses dengan pembuktian dari dokumen tersebut.

Bank seringkali tidak memerlukan banyak waktu pada saat proses pencetakan. Bahkan, hal ini dapat dilakukan dengan cepat dalam hitungan menit selama konsumen memenuhi semua syarat bank.

Syarat Pembukaan Rekening Koran

Berikut persyaratan pembukaan rekening koran:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Seperti yang Anda ketahui, KTP merupakan dokumen penting yang diperlukan dalam setiap operasional atau kegiatan administrasi. Jika Anda tidak dapat menunjukkan KTP, Anda harus menunjukkan tanda pengenal lain, seperti paspor atau Surat Izin Mengemudi (SIM).

  1. Buku Tabungan Asli

Selain KTP, diperlukan buku tabungan asli sebagai salah satu persyaratannya. Nasabah harus menunjukkan sendiri buku tabungan asli, dan petugas akan membantu Anda dalam tata cara pencetakannya.

  1. Kartu Debit

Biasanya, perwakilan layanan pelanggan bank akan meminta konsumen untuk menunjukkan kartu debit mereka. Ini merupakan barang wajib karena jika tidak dibawa maka petugas tidak dapat membantu Anda dalam mengambil rekening koran untuk dicetak.

  1. Biaya Cetak

Bank memiliki biaya yang berbeda-beda untuk mencetak rekening koran tergantung pada aturan mereka. Biaya biasanya dibayarkan per lembar, dan itu juga tergantung pada berapa lama Anda perlu mencetak. Pada umumnya tarif cetak biasa berkisar antara Rp2.500 – Rp25.000/lembar. Hal ini tentu saja tergantung pada kebijakan bank dan jangka waktu pencetakan laporan bank yang Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *