Mengenal Akuntansi Anggaran

Mengenal Akuntansi Anggaran

PT Jovindo Solusi Batam melayani jasa konsultan pajak, jasa pembukuan dan jasa manajemen, kami telah bersertifikat resmi dan berpengalaman dalam menyelesaikan masalah perpajakan. Di pembahasan kali ini, PT Jovindo Solusi Batam akan mengenalkan sebuah informasi kepada audiens mengenai Akuntansi Anggaran. Simak informasinya berikut ini.

Pengertian Akuntansi Anggaran

Akuntansi anggaran yaitu bidang akuntansi dengan berkaitan pada perencanaan pengeluaran perusahaan yang bertujuan membandingkan pada pengeluaran yang sebenarnya ketika dilakukannya pelaporan atau evaluasi. Pada penerapan di perusahaan, akuntansi anggaran yaitu teknik akuntansi dengan berperan untuk mencatat setiap peristiwa transaksi yang terjadi da nada di setiap anggaran yaitu mulai sejak pengesahan anggaran, dilaksanakan sampai penutupan buku anggaran akhir periode. Adapun kegunaan dalam akuntansi anggaran ini, yaitu :

  • Sebagai pedoman dalam kerja
  • Sebagai alat koordinasi kerja
  • Sebagai alat pengawasan atau pengendalian

Unsur-Unsur dalam Akuntansi Anggaran

  1. Perencanaan : Yaitu penentuan mengenai aktivitas yang akan dilakukan pada waktu yang akan datang dengan spesifikasi yang khusus, seperti disusun dengan sistematis yang mencakup seluruh kegiatan pada perusahaan yang dinyatakan dalam unit moneter. Berikut ini alasan diperlukannya rencana untuk perusahaan, yaitu :
  • Banyak alternatif pada masa yang akan datang.
  • Rencana yaitu pedoman kerja pada perusahaan.
  • Sebagai alat koordinasi kegiatan dari seluruh bagian yang ada pada perusahaan.
  • Sebagai alat pengawasan pada pelaksanaan.

 

  1. Kegiata Perusahaan : Dengan makna yaitu budget mencakup semua kegiatan yang akan dilakukan oleh semua bagian yang ada pada perusahaan, (pemasaran, produksi, pembelanjaan, administrasi serta kegiatan dengan berkaitan pada sumber daya manusia).

 

  1. Unit Satuan Moneter : Bisa diterapkan di berbagai kegiatan perusahaan, yaitu satuan rupiah, mengingat satuan dari berbagai kegiatan yang pada dasarnya berbeda, seperti untuk bahan mentah kilogram, tenaga kerja jam kerja per minggu dan lainnya.

 

  1. Periode Waktu : Dengan menyatakan budget berlaku pada masa datang dengan jangka waktu tertentu. Dapat dikatakan, apa yang dimuat pada budget ialah taksiran mengenai apa yang akan terjadi dan apa yang akan dilakukan pada waktu yang akan datang di satu periode yang sudah ditentukan.

Jenis-Jenis Anggaran

Ada dua jenis anggaran, diantaranya :

  • Budget strategis : Yaitu berlaku pada jangka panjang yang melebihi satu periode akuntansi.

 

  • Budget taktis : Yaitu budget dengan berlaku pada jangka pendek.

Untuk budget yang disusun satu periode akuntansi disebut budget periodik. Sementara, budget yang disusun pada jangka waktu yang kurang dari satu periode akuntansi disebut budget bertahap. Terdapat isi dari budget komprehensif, yaitu :

  1. Budget Taksiran : Dengan berisi taksiran mengenai kegiatan pada perusahaan serta keadaan finansial perusahaan disaat tertentu dalam waktu yang akan datang.

 

  1. Budget Variabel : Dengan berisikan tingkat perubahan atau variabilitas biaya, yang terkhusus biaya-biaya yang termasuk kelompok biaya “semi-variabel” dengan sebuhungan adanya produktivitas pada perusahaan.

 

  1. Laporan Budget : Dengan berisi realisasi pelaksanaan budget yang dilengkapi berbagai analisa perbandingan budget dan realisasinya, serta bisa diketahui penyimpangan yang terjadi dan sebabnya, baik itu bersifat positif atau negatif.

Faktor yang Mempengaruhi dalam Penyusunan

  • Faktor Internal : Yaitu faktor yang berada dalam perusahaan, dengan berupa penjualan pada tahun lalu, kebijaksanaan perusahaan , modal kerja perusahaan, tenaga kerja, kapasitas perusahaan dan lainnya.

 

  • Faktor Eksternal : Yaitu faktor yang berada di luar perusahaan, tetapi memengaruhi kehidupan pada perusahaan. Berupa keadaan dalam persaingan, tingkat pertumbuhan penduduk, penghasilan dan pendidikan masyarakat, kebiasaan pada masyarakat dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *