Mengenal Persamaan Dasar Akuntansi Dalam Beserta Rumusnya

Mengenal Persamaan Dasar Akuntansi Dalam Beserta Rumusnya

PT Jovindo Solusi Batam adalah sebuah perusahaan yang sudah professional serta terpercaya di Batam. Kami telah memiliki banyak pengalaman pada bidang perpajakan. Maka kami siap menangani permasalahan pajak yang Anda miliki. Kali ini, PT Jovindo Solusi Batam akan membahas terkait Mengenal Persamaan Dasar Akuntansi Dalam Beserta Rumusnya. Berikut ini penjelasannya.

Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan dasar akuntansi merupakn sebuah perhitungan yang memiliki tujuan untuk dapat memproyeksikan hubungan antara harta, hutang, dan modal yang perusahaan miliki.

Prinsip yang dipegang akuntansi yaitu dengan adanya keseimbangan diantara pemasukan dan juga pengeluaran.

Harta ataupun aset yang perusahaan miliki harus seimbang dengan liabilitas dan kewajiban. Ini menunjukkan kalau semua aset milik perusahaan yang diperoleh baik dari utang ataupun ekuitas.

Seperti ketika perusahaan baru akan dibangun, maka aset pertama yang dibeli akan berasal dari dana yang diterima dari investor atau berupa pinjaman (utang). Maka semua aset yang perusahaan miliki yang asalnya dari kreditor atau investor disebut kewajiban dan ekuitas.

Rumus contohnya, sebagai berikut:

Aset = Kewajiban + Ekuitas

atau:

Harta (Aktiva) = Hutang + Modal (Pasiva)

Seperti yang dapat dilihat, sisi aset setara sama dengan jumlah kewajiban dan juga ekuitas pemilik.

Persamaan ini umumnya ditulis dengan mendahulukan posisi kewajiban sebelum ekuitas pemilik.

Karena utang memiliki kreditur yang harus dilunasi dulu sebelum investor ketika perusahaan akan mengalami kebangkrutan.

Hal ini terbukti konsisten dengan adanya contoh pelaporan keuangan di mana aset lancar (Current Assets) dan juga kewajiban lancar (Current Liabilities) akan dilaporkan sebelum aset tetap (Fixed Assets/PPE) dan juga liabilitas jangka panjang (Long-Term Debt).

Contoh persamaan ini berlaku untuk semua aktivitas serta transaksi bisnis.

Aset akan selalu setara sama kewajiban dan juga ekuitas pemilik.

Kalau asetnya meningkat, maka baik kewajiban ataupun ekuitas pemilik akan meningkat untuk menyeimbangkan persamaan dan begitu juga sebaliknya.

Komponen-Komponen Persamaan Dasar Akuntansi

Berikut 3 jenis komponen persamaan akutansi, yakni:

  1. Aset

Aset merupakan sebuah sumber daya yang dimiliki ataupun yang dikendalikan perusahaan untuk digunakan manfaatnya di masa depan.

Aset ataupun aktiva merupakan hal-hal yang dapat mendatangkan manfaat untuk perusahaan. seperti bangunan Gedung, tanah, kendaraan, uang kas yang tunai atau cek kontan

Bagian aktiva nantinya akan bertambah kalau aset Perusahaan juga bertambah, dan sebaliknya.

Ada nilai penyusutan kepada aset yang berupa sebuah barang, seperti peralatan mesin yang akan mengalami kerusakan pada waktunya.

Selain itu mesin tersebut juga akan mengalami yang Namanya penurunan nilai atau depresiasi.

Beberapa aset bersifat tangible yakni seperti kas, namun ada juga yang bersifat intangible bersifat atau tidak berwujud yakni seperti goodwill ataupun hak cipta.

Berikut ini contoh akun aset:

  • Aset Lancar

Disebut sebagai aset lancar ataupun aktiva lancar, karena kekayaan yang termasuk dalam harta lancar memiliki sebuah likuiditas tinggi ataupun dapat dengan mudah dicairkan.

Maksudnya, harta ini dapat dengan cepat dikonversikan kedalam mata uang dalam kurang waktu dari setahun.

Jenis transaksi yang termasuk dalam harta lancar seperti kekayaan yang berupa kas, piutang, surat berharga, wesel, perlengkapan, serta transaksi yang sudah dibayar di muka (paid in advance).

  • Aset Tetap

Kebalikan dengan aktiva lancar yang bisa dicairkan dalam kurang waktu dari setahun, aktiva tetap justru merujuk kepada kekayaan yang dapat digunakan dalam waktu lebih dari setahun.

Biasanya berupa hal yang digunakan didalam kegiatan operasional perusahaan seperti berupa kendaraan operasional, mesin produksi, maupun tanah atau bangunan.

Karena berupa aset yang dipakai bisa lebih dari setahun, aset-aset ini (kecuali tanah) memiliki ‘umur’. ‘Umur’ dari aset dapat mengalami yang namanya penurunan ataupun depresiasi.

Seperti, mobil dinas ataupun alat produksi milik perusahaan yang akan rusak ataupun usang setelah digunakan selama beberapa tahun sehingga aset berupa mobil ini sudah tidak dapat lagi menghasilkan keuntungan secara ekonomis untuk perusahaan.

keadaan ini disebut sebagai depresiasi aset.

  • Aset Tidak Berwujud

Contonya seperti Goodwill, Paten, Hak Cipta.

  1. Kewajiban atau Liabilitas

kewajiban ataupun liabilitas, yakni sejumlah dana yang perusahaan pinjam dari pihak lain atau kreditur dan harus dilunasi sesuai dengan waktu yang disepakati.

Bentuk kewajiban yang umum ini berupa utang.

Hutang adalah kebalikan dari piutang, dan harus dicatat dalam laporan keuangan.

Ketika perusahaan membeli barang ataupun jasa dari perusahaan lain baik itu secara kredit, maupun utang akan dicatat sebagai bukti bahwa Perusahaan telah berjanji untuk membayarnya di kemudian hari.

Berikut contoh dari akun kewajiban yang paling umum, yakni:

  • Utang Dalam Jangka Pendek: Seperti Utang Dagang, Utang Bank, Utang Gaji, Utang Pajak.
  • Utang Dalam Jangka Panjang: Seperti Utang Obligasi
  1. Ekuitas

Ekuitas merupakan bagian dari aset perusahaan yang dimiliki pemegang saham ataupun pihak ketiga, dan akan masuk dalam rumus persamaan dasar akuntansi.

Pemilik dapat meningkatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *