Pajak Profesi: Pajak atas Konsultan Politik

Pajak Profesi: Pajak atas Konsultan Politik

PT Jovindo Solusi Batam Kami siap untuk menangani dan memberikan jawaban atas permasalahan perpajakan Anda. Kami bekerja secara professional dan akurat. PT Jovindo Solusi Batam akan membahas informasi terkait pajak profesi: pajak atas konsultan pajak. Berikut informasinya.

Konsultan politik merupakan seseorang sebagai penasihat dalam pemilihan umum wakil rakyat, pemilihan presiden, atau pemilihan kepala daerah untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap calon tertentu.

Konsultan politik, menurut lembaga survei Voxpol Center, adalah seseorang yang bertugas menyesuaikan kepentingan pelanggan serta hambatan yang dihadapi kandidat. Dalam kebanyakan kasus, kandidatnya adalah seseorang yang aktif dalam politik, seperti pejabat politik.

Pendekatan-pendekatan ini, misalnya, menyediakan berbagai program yang berkaitan dengan kinerja yang lebih baik yang mudah diingat dan terlihat di benak pemilih, sehingga seorang konsultan politik harus memiliki kompetensi dalam menetapkan taktik kampanye dan membangun komunikasi politik yang kuat.

Tugas Konsultan Politik

Konsultan politik memiliki beberapa tugas, termasuk:

  • Menyusun strategi kampanye bagi calon-calon tertentu yang nantinya akan mencalonkan diri dalam pemilihan umum.
  • Mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang akan dihadapi klien terkait politeknik melalui riset.
  • Mempelajari karakter calon pemilih.
  • Melaksanakan strategi kampanye yang tepat dengan melakukan penelitian mengenai permasalahan masyarakat saat ini serta kebijakan yang ada dan yang telah ditetapkan.
  • Meningkatkan elektabilitas dengan selalu mengidentifikasi teknik kampanye yang akan dilakukan, karena hal ini akan berpengaruh terhadap elektabilitas klien.
  • Selalu bekerja sama dengan tim sukses peserta pemilu, agensi iklan, lembaga survei, media massa, dan penyelenggara acara untuk memastikan setiap strategi yang direncanakan terlaksana sesuai rencana, sehingga taktik dan kegiatan kampanye berjalan lancar.

Tugas Yang Harus Dimiliki Konsultan Politik

Seorang konsultan politik harus memiliki kemampuan berikut untuk memastikan kelancaran kegiatan dan tugas:

  • Administrasi dan Manajemen

Salah satu kemampuan yang dibutuhkan oleh konsultan politik adalah administrasi dan manajemen. Dalam hal ini konsultan politik yang memahami wawasan dan prinsip administrasi dan manajemen, dengan harapan konsultan politik tersebut ahli dalam perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, koordinasi manusia dan sumber daya, serta metode produksi.

  • Komunikasi dan Media

Komunikasi merupakan hal yang sering dilakukan oleh konsultan politik, oleh karena itu komunikasi yang baik harus diperhatikan agar tidak terjadi miskonsepsi terhadap informasi dan lain-lain.

Media sebagai media produksi serta teknik dan distribusinya akan mempengaruhi bagaimana pesan tersebut disampaikan kepada calon pemilih, sehingga diharapkan dapat tersampaikan secara efektif melalui media tulis, lisan, dan visual.

  • Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa yang banyak digunakan di seluruh dunia, oleh karena itu seorang konsultan politik juga harus fasih berbahasa Inggris. Konsultan politik dengan kemampuan bahasa Inggris akan memiliki nilai plus.

  • Hukum dan Pemerintahan

Politik terkait erat dengan hukum dan pemerintahan. Seorang konsultan politik yang akan menasihati kliennya harus memahami hukum dan pemerintahan. Norma hukum, prosedur peradilan, peraturan pemerintah, perintah eksekutif, proses politik demokratis, dan aturan kelembagaan semuanya merupakan bagian dari hukum dan pemerintahan.

Jenis Layanan Jasa Konsultasi Politik

Konsultan politik pada umumnya melakukan 3 jenis layanan: Mapping, Monitoring, dan Mobillizing.

  • Mapping, adalah studi tentang perilaku calon pemilih dan cara memetakannya serta persaingannya.
  • Monitoring, adalah tindakan pembinaan yang dilakukan konsultan politik terhadap kliennya.
  • Mobillizing, adalah tindakan yang menitikberatkan pada eksekusi untuk memenangkan calon tertentu, seperti kampanye door to door dan pemberian pelatihan terkait bagi saksi yang nantinya akan bekerja di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Selain ketiga jenis layanan di atas, konsultan politik juga dapat memberikan jasa lain seperti pembuatan film dan pencetakan spanduk untuk digunakan dalam acara kampanye.

Keterampilan Konsultasi Politik

Suatu pekerjaan tidak bisa dilepaskan dari bakat yang dimilikinya. Beberapa talenta yang dibutuhkan, seperti halnya konsultan politik, adalah:

  • Koordinasi

Terus seimbangkan tindakan yang akan dilakukan dengan tindakan yang akan dilakukan orang lain.

  • Berpikir kritis

Dekati masalah yang dihadapi dengan logika dan penalaran yang cepat untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dari berbagai solusi.

  • Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Sebelum menentukan pilihan, perlu mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari alternatif tindakan yang mungkin dipilih dan mana yang paling tepat.

  • Persuasi

Sikap persuasi adalah kemampuan untuk meyakinkan orang lain agar mengubah pikiran dan perilakunya.

  • Kesadaran sosial

Anda mungkin menyadari reaksi orang lain dan memahami mengapa mereka bertindak dan bertindak seperti itu jika Anda memiliki kepekaan sosial.

  • Negosiasi

Bernegosiasi secara efektif dengan klien, calon pemilih, dan kandidat pemilu lainnya dengan menyatukan orang-orang dan berupaya menyelesaikan konflik yang ada.

Kemampuan Konsultan Politik

  • Kelancaran Ide

Kemampuan menghasilkan ide dalam jumlah besar tentunya akan mempermudah segala tugas, sehingga penting bagi konsultan politik.

  • Penalaran Induktif

Keahlian seorang konsultan politik adalah memadukan potongan-potongan informasi untuk mengembangkan aturan umum dan kesimpulan.

  • Kesadaran Masalah

Kemampuan untuk mendidik tentang segala sesuatu yang salah atau mungkin salah.

  • Orisinilitas

Kemampuan untuk menghasilkan pemikiran baru atau hebat tentang isu dan peristiwa terkini.

Gaji Rata-Rata

Seorang konsultan politik berpenghasilan antara Rp6 juta hingga Rp10 juta setiap bulannya. Tentu saja hal ini akan berdampak pada tanggung jawab perpajakan seorang konsultan politik terkait dengan pendapatan gaji yang diperolehnya.

Contoh Perhitungan Pajak

Pak Hito bekerja di PT Sucarwalet dan masih lajang dan tidak memiliki anak. Dengan memperoleh gaji bulanan atau pendapatan kotor sebesar Rp 8.000.000. Berikut ini contoh cara menghitung gaji Pak Hito.

Misalnya:

Gaji Pokok      = Rp8.000.000

= Rp8.000.000 x 12

= Rp96.000.000/tahun

Biaya Jabatan Setahun            = 5% x Rp8.000.000

= Rp400.000 sebulan

= Rp400.000 x 12 bulan

= Rp4.800.000/tahun

Penghasilan Neto                    = Rp91.200.000

PTKP (TK/0)                          =  Rp54.000.000

Penghasilan Kena Pajak         = Rp37.200.000

PPh 21 Terutang                     = 5% x Rp37.200.000

= Rp1.860.000/tahun

PPh 21 Terutang sebulan        = Rp1.860.000  : 12 bulan      = Rp155.000/bulan

 

Bagi Wajib Pajak yang tidak memiliki NPWP, maka PPh 21 yang terutang dikalikan 120% sehingga menghasilkan Rp 155.000 x 120% = Rp 186.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *