Karakteristik Pendapatan Bunga yang Dihasilkan Oleh Bank

Karakteristik Pendapatan Bunga yang Dihasilkan Oleh Bank

PT Jovindo Solusi Batam telah bersertifikat resmi dan memiliki berpengalaman dalam menangani dan memberikan solusi terbaik atas kesulitan perpajakan Anda. Kali ini, PT Jovindo Solusi Batam akan menjelaskan informasi terkait karakteristik pendapatan bunga yang dihasilkan oleh Bank. Simak informasinya berikut ini.

Pendapatan yang diperoleh perusahaan selama perusahaan menyimpan uangnya di bank disebut pendapatan bunga. Melalui karakteristik yang dimilikinya, pendapatan ini mungkin berdampak pada keuangan perusahaan.

Apa itu pendapatan bunga?

Pendapatan bunga berasal dari bank atau lembaga keuangan dan diperoleh melalui layanan penyimpanan yang disebut bunga. Dalam definisi lain, pendapatan bunga adalah pendapatan yang diterima oleh masyarakat atau badan usaha dari uang tunai yang disimpan di bank.

Karena masih sangat di dominasi oleh bank, pendapatan bunga terkadang disebut sebagai pendapatan bunga bank, sedangkan pengeluaran bunga disebut sebagai beban bunga bank. Dalam skala yang lebih besar, pendapatan bunga adalah jumlah uang yang diperoleh investor karena menginvestasikan uangnya ke dalam suatu proyek atau usaha.

Pendapatan bunga modal adalah pendapatan bunga yang diperoleh dari investasi; Artinya, investor memperoleh keuntungan bunga atas modal yang dibawanya, dan merupakan timbal balik perusahaan dalam kontribusinya terhadap pengelolaan investasi yang dilakukan.

Ketika seseorang menyimpan uang di rekening tabungan dan memutuskan untuk menyimpannya selama beberapa bulan atau tahun, mereka memperoleh bunga. Dana tersebut tidak akan disimpan begitu saja di rekening, melainkan digunakan oleh bank untuk memberikan pinjaman kepada peminjam. Bank akan menagih sejumlah biaya bunga dari peminjam dan kemudian akan membayar bunga kepada pemegang rekening tabungan.

Tergantung pada kebijakan yang berlaku, setiap bank menggunakan tingkat suku bunga yang berbeda. Cara menghitung pendapatan bunga yang paling mendasar dan sering digunakan adalah dengan mengalikan jumlah pokok dengan tingkat bunga yang berlaku, serta jangka waktu menyimpan atau meminjam uang tersebut.

Karakteristik Pendapatan Bunga

Pendapatan bunga dapat berdampak pada pengelolaan kas suatu perusahaan karena memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Bersifat fluktuatif dan bersifat sementara.
  2. Memiliki biaya keuangan yang relatif rendah.
  3. Hanya dapat digunakan dalam jangka pendek.
  4. Administrasi cukup rumit.

Pendapatan Bunga dalam Laporan Laba Rugi

Pendapatan bunga sering kali dikenakan pajak dan akan dicatat sebagai akun pendapatan pada laporan laba rugi. Secara umum, laporan laba rugi memiliki dua kategori: “Pendapatan Operasional” dan “Pendapatan Lain-lain” yang disajikan secara terpisah. Dalam hal ini, penyajian pendapatan bunga akan sangat dipengaruhi oleh sifat operasi utama perusahaan.

Jika pendapatan bunga adalah sumber utama uang bagi bisnis, maka pendapatan tersebut dimasukkan dalam Pendapatan Operasional. Jika pendapatan bunga bukan merupakan sumber pendapatan utama perusahaan, maka diklasifikasikan sebagai Pendapatan Lain-lain atau Pendapatan dari Investasi.

Berikut contoh dasar laporan laba rugi PT ABD periode Desember 2021 yang memperoleh sejumlah pendapatan dari pendapatan perbankan.

Rekonsiliasi Pendapatan Bunga di Akun Bank

Selain meninjau jurnal dan laporan keuangan, bisnis harus merekonsiliasi rekening bank jika mereka memiliki uang tunai di bank dan melakukan transaksi melalui bank tersebut. Hal ini membandingkan catatan akuntansi kas akuntan kantor dengan catatan kas bank guna mengendalikan kas di bank. Jika temuannya sama, maka tidak ada kesalahan dalam pencatatan transaksi.

Jika saldo kas akhir versi bank sesuai dengan nota kas dalam laporan keuangan perusahaan, maka laporan tersebut dianggap asli. Pencatatan kas pertama biasanya bervariasi karena berbagai faktor, termasuk:

  • Transfer dana dari perusahaan ke bank belum selesai. Bank belum mencatatkan transaksi tersebut karena yakin belum menerimanya, namun akuntan firma telah mencatatnya sejak ada uang tunai yang masuk dari transaksi tersebut.
  • Pembagian cek yang menurut akuntan perusahaan telah dicairkan namun bzznk belum dicairkan.
  • Untuk menentukan pendapatan dan biaya bank, akuntan kantor harus terlebih dahulu memeriksa transaksi menggunakan laporan bank tercetak. Sedangkan sistem bank akan memotong saldo rekening pada pendapatan dan pengeluaran secara otomatis.

Kesimpulan

Individu dan bisnis memperoleh pendapatan bunga dari uang tunai yang mereka simpan di bank. Pendapatan bunga ini diperoleh melalui berbagai beban bunga yang dipungut bank dari peminjam dan didistribusikan kepada konsumen yang memiliki rekening tabungan.

Pendapatan bank, tergantung pada kualitasnya, mungkin berdampak pada arus kas perusahaan. Oleh karena itu, rekonsiliasi rekening bank sangatlah penting, begitu pula dokumentasi yang cermat dalam jurnal dan laporan keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *