Mengenal Harga Pokok Penjualan Perusahaan Dagang

Mengenal Harga Pokok Penjualan Perusahaan Dagang

PT Jovindo Solusi Batam adalah perusahaan konsultan pajak yang terpercaya dan telah bersertifikat resmi. Kami akan membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai masalah perpajakan Anda. PT Jovindo Solusi Batam akan berbagi informasi terkait mengenal harga pokok penjualan perusahaan dagang. Berikut informasinya.

Mengenal Harga Pokok Penjualan Perusahaan Dagang

Mungkin sebagian dari Anda adalah pemilik perusahaan yang masih bingung bagaimana memperkirakan biaya usaha Anda sendiri. Atau Anda masih ragu bagaimana menentukan apakah perusahaan Anda untung atau merugi. Padahal hal ini cukup berbahaya jika Anda tidak mengetahuinya.

Lalu, bagaimana cara mengetahui keadaan perusahaan Anda sendiri? Laporan keuangan perusahaan menunjukkan hal ini. Harga pokok penjualan adalah salah satunya.

Apa itu HPP perusahaan dagang?

HPP perusahaan dagang adalah pengeluaran dan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda, baik langsung maupun tidak langsung, dalam produksi barang yang akan dijual kembali.

Komponen tertentu diperlukan untuk menghitung HPP untuk perusahaan perdagangan, yang akan saya jelaskan nanti.

Komponen Harga Pokok Penjualan Perusahaan Dagang

Apa saja yang termasuk dalam harga pokok penjualan? Harga pokok penjualan ditentukan oleh tiga faktor. Masing-masing komponen tersebut mempunyai dampak yang signifikan terhadap HPP, antara lain:

  1. Persediaan Awal Barang Dagang

Persediaan produk yang tersedia pada awal periode disebut sebagai persediaan awal komoditas. Saldo persediaan ini dapat ditemukan pada neraca saldo periode berjalan atau neraca tahun sebelumnya.

  1. Persediaan Akhir Barang Dagang

Persediaan barang yang tersedia pada akhir periode disebut persediaan barang dagangan akhir. Pada akhir periode, saldo persediaan akhir biasanya diketahui dari data penyesuaian perusahaan Anda.

  1. Pembelian bersih

Pembelian bersih adalah setiap pembelian yang dilakukan oleh perusahaan Anda dalam bentuk tunai atau kredit. Kemudian kurangi biaya transportasi pembelian dari diskon pembelian dan pengembalian.

Cara Menentukan Harga Pokok Penjualan (HPP)

  1. Rumus Penjualan Bersih

Penjualan Bersih = Penjualan – (Retur Penjualan + Potongan Penjualan)

  1. Rumus Pembelian Bersih

Pembelian Bersih = (Pembelian + Biaya Pengiriman Pembelian) – (Retur Pembelian + Potongan Pembelian)

  1. Rumus Perhitungan Persediaan

Persediaan Barang = Persediaan Awal + Pembelian Bersih

  1. Rumus HPP

HPP = Persediaan Barang – Persediaan Akhir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *