Mengenal Transaksi Perusahaan

Mengenal Transaksi Perusahaan

PT Jovindo Solusi Batam merupakan Konsultan Pajak Terpercaya dan telah bersertifikat resmi serta berpengalaman dalam menyelesaikan permasalahan perpajakan. Kami memiliki pemahaman yang luas dibidang perpajakan, sehingga cocok menjadi pendamping perpajakan Anda. Pada kesempatan ini, PT Jovindo Solusi Batam akan mengenalkan kepada audiens mengenai Transaksi Perusahaan. Simak informasinya berikut ini.

Pengertian Transaksi Perusahaan

Transaksi Perusahaan merupakan jalan untuk sistem dan prosedur opearsional pada perusahaan tersebut. Adapun arti dari transaksi ini yaitu segala sesuatu baik itu kondisi atau kejadian yang membuat perubahan dalam harta, utang atau modal dan akan tercatat pada pembukuan keuangan.

Di suatu perusahaan akan ada karyawan khusus dengan bertugas untuk mencatat serta melaporkan pengeluaran dan transaksi pada perusahaannya. Apabila hal ini tidak ditangani dengan baik, maka internal perusahaan akan makin kacau. Oleh karena itu, untuk staff ataupun karyawan yang dipilih untuk menangani harus tetap professional.

Jenis-Jenis Transaksi Perusahaan

Adapun jenis-jenis transaksi yang biasanya dilakukan pada perusahaan dan mitra untuk kegiatan operasionalnya, diantaranya yaitu :

  1. Pembelian Barang dari Supplier : Dengan sifatnya yang wajib dan harus selalu silakukan supaya operasional pada perusahaab bisa tetap berjalan dan transaksi perusahaanlah yang mengatur serta menargetkan berapa jumlah bahan baku yang akan dibeli dari supplier.

 

  1. Pembelian Aset Tetap : Dengan membeli aset dapat menjadikan cara yang paling gampang untuk mengamankan keuntungan pada perusahaan.

 

  1. Penjualan pada Kosumen : Dapat terjadi dalam dua jenis bentuk, yaitu penjualan dengan tunai dan penjualan dengan kredit.

 

  1. Penjualan Aset Perusahaan : Aset yang dimiliki perusahaan dipakai untuk membangun keuntungan dan meningkatkan hasil produksinya.Tetapi pada penjualan aset ini banyak dilakukan terutama aset sudah tidak diperlukan lagi.

 

  1. Pembagian Dividen Investor : Tiap tahun atau dala beberapa waktu perusahaan harus membayar dividen atau uang keuntungan perusahaan pada investor yang memberikan dana ke mereka. Dengan bersifat wajib dan harus dilakukan pada semua perusahaan.

 

  1. Membayar Gaji Karyawan : Ini merupakan kunci untuk memberikan pembayaran yang layak untuk semua staff pada perusahaan dan gaji ini harus dibayarkan tiap bulan yang sesuai dengan jumlah yang diberikan.

 

Jenis Alat Bukti Transaksi

Terdapat jenis-jenis pada alat bukti transaksi untuk perusahaan, diantaranya yaitu :

  1. Kwitansi : Pada transaksi perusahaan ialah hal formal, maka dari itu kwitansi termasuk dalam hal yang tidak boleh dipalsukan dan kwitansi ini harus ada tanda tangan kedua belah pihak dengan sebagai bukti penerimaan dana.

 

  1. Nota Debet : Dibuat sebagai bukti bahwa adanya pengembalian barang yang tidak sesuai dengan yang diinginkan oleh konsumen.

 

  1. Faktur Pembelian : Salah satunya yaitu faktur penjualan yang merupakan bukti yang mana pembeli memberikan faktur dengan sesuai jenis jumlah yang mereka beli.

 

  1. Cek : Dapat dicairkan di bank dengan sesuai ketentuan yang diberikan dan cek ini paling sering dipakai dengan jumlah uang penjualan atau transaksi yang jumlahnya besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *