Jenis Modal Ventura & Cara Mendapatkan Modal Ventura

Konsultan Pajak Batam – Semakin banyak masyarakat menggunakan jasa layanan untuk menyelesaikan permasalahan terkait layanan pelaporan PPN, layanan pelaporan pajak online, dan layanan pelaporan pajak tahunan, di Jakarta, Bali dan Surabaya serta di daerah-daerah yang terkait dengan perpajakan. Nah, Kali ini akan melanjutkan di artikel sebelumnya “Jenis Modal Ventura & Cara Mendapatkan Modal Ventura.’’

Jenis Modal Ventura

Ada 2 jenis modal ventura berdasarkan metode pendanaan, metode peningkatan modal dan metode kepemilikan. Pada dua kategori tersebut akan ada klasifikasi yang kemudian akan dibedakan menjadi banyak jenis sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Berikut adalah bentuk-bentuk modal usaha:

  1. Berdasarkan metode Pemberian bantuan

Bantuan yang diharapkan meliputi 2 jenis, yaitu bantuan  manajemen dan bantuan keuangan. Atas dasar kedua jenis ini  juga ditetapkan sebagai berikut:

  • Single Tier Approach, yaitu suatu perusahaan menghimpun dana dan pengelolaannya untuk diinvestasikan  dalam bentuk penyertaan modal sendiri kepada perusahaan patungan.
  • Two Tier Approach, di mana modal dikelola oleh dua unit bisnis yang terpisah atau bersama. Perusahaan sebagai penyedia dana atau fund company dan lain-lain sebagai pengurus atau management company  yang menyelenggarakan kegiatan pengelolaan  dana fund company.
  1. Berdasarkan Metode Penghimpunan

Dalam hal ini juga dibagi menjadi 2 bagian: modal risiko leverage  dan modal risiko ekuitas.

  • Leverage Venture Capital, yaitu modal dari perusahaan modal ventura, tetapi dikumpulkan dalam bentuk pinjaman  dari berbagai pihak.
  • Equity Venture Capital, yang berasal dari perusahaan modal ventura dan sebagian besar dana yang diperoleh berasal dari modal swasta.
  1. Berdasarkan Kepemilikan

Jenis modal berdasarkan kepemilikan ini akan memiliki pengaruh yang berbeda terhadap modal, sebagai berikut:

  • Private Venture Capital Company, yang merupakan perusahaan yang tidak terdaftar atau belum menjual sahamnya di bursa efek.
  • Public Venture Capital Company, sebagai lawan dari Private Venture Capital Company. Ini adalah perusahaan modal ventura yang menjual  sahamnya di bursa efek.
  • Bank Affiliate Venture Company, yang merupakan perusahaan dengan surplus dana atau tujuan  modal risiko tertentu.
  • Colomerate Venture Capital, adalah perusahaan yang dibentuk oleh beberapa jenis perusahaan besar.

Cara Mendapatkan Modal Ventura

Ada berbagai cara untuk menarik perhatian  pemodal ventura. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya:

  1. Menghadiri pameran UKM dan bertemu pemodal ventura di sesi yang biasanya berlangsung di pameran.
  2. Menyerahkan rencana bisnis kepada investor yang berisi strategi bisnis, biaya dan persyaratan, untuk meningkatkan nilai bisnis Anda dan mencari pembiayaan.
  3. Ketika rencana bisnis Anda menarik bagi investor, inilah saatnya untuk melakukan uji tuntas. Kegiatan ini akan mencakup berbagai pertanyaan dari investor, mengevaluasi bisnis dan produk, dan kemudian meninjau saran investor untuk meningkatkan bisnis.
  4. Jika bisnis Anda berhasil dan kesepakatan telah dibuat, saatnya untuk menandatangani kontrak dan perusahaan modal ventura akan menyediakan modal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *