Mengenal Melek Finansial

Mengenal Melek Finansial

PT Jovindo Solusi Batam siap untuk menyelesaikan dan memberikan solusi pada permasalahan dibidang perpajakan. Kami telah bersertifikat dan memiliki banyak keahlian dibidang pajak, salah satunya adalah konsultasi pajak. Di pembahasan ini, PT Jovindo Solusi Batam akan mengenalkan sebuah informasi kepada audiens terkait Melek Finansial. Berikut ini informasinya.

Pengertian Melek Finansial

Dapat disebutkan sebagai literasi keuangan, dengan pengertiannya yaitu suatu pengetahuan, keterampilan dan keyakinan yang bisa mempengaruhi perilaku seseorang untuk mengelola keuangan yang menjadi lebih baik lagi. Dengan tujuannya yakni untuk meningkatkan kualitas pada pengambilan keputusan keuangan agar seseorang bisa menata keuangannya dengan lebih baik serta mengubah perilaku seseorang dalam mengelola keuangannya. Dalam literasi keuangan mencakup kemampuan untuk memahami prinsip keuangan lainnya, yaitu :

  • Mengelola utang
  • Menerapkan teknik tabungan
  • Merencanakan untuk masa depan keuangan
  • Memahami dan menghitung bunga majemuk
  • Memahami prinsip waktu yang sebagai uang

Manfaat dari Melek Finansial untuk Menata Keuangan

Dalam manajemen keuangan sangatlah penting dalam menjaga stabilitas keuangan pada jangka panjang yang melibatkan kemampuan untuk mengelola keuangan pribadi yang efisien dan membuat keputusan tepat serta terdidik dalam mengatur keuangan pribadi. Inilah manfaat dari literasi keuangan, yaitu :

  1. Mengembangkan kebiasaan belanja yang lebih baik.
  2. Menyadari pentingnya dana darurat.
  3. Mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai keuangan.
  4. Bisa membuat keputusan keuangan dengan lebih baik.

Ciri-Ciri Masyarakat yang Sudah Melek Finansial

  1. Dengan mengetahui poin penting pada keuangan : Berikut ini kunci utamanya, yaitu meliputi :
  • Keterampilan untuk membuat anggaran
  • Kemampuan untuk melacak pengeluaran
  • Membuat strategi dalam melunasi utang
  • Perencanaan pensiun yang dibuat dengan efektif

 

  1. Mempunyai anggaran pribadi : Jika sudah menerapkan poin penting diatas, pastinya telah memiliki anggaran pribadi untuk dirinya sendiri. Anggaran pribadi ini tidak hanya untuk membuat seseorang tahu berapa besaran uang yang diterima, tetapi bisa membuat orang mampu melacak berapa banyak uang yang telah dia pakai.

 

  1. Memenuhi kewajiban dengan baik : Bagi orang yang sudah paham literasi keuangan setidaknya harus tahu dan dapat membayarkan serta memenuhi kewajiban dengan baik.

 

  1. Mengetahui caranya berhemat : Untuk seseorang yang telah melek finansial akan tersadar akan pentingnya berhemat, sehingga mereka tidak akan membeli atau menggunakan sesuatu yang tidak dibutuhkan.

 

  1. Mempunyai penghasilan pasif : Terdapat bentuk dalam penghasilan pasif, yaitu :
  • Investasi, dengan bentuk modal seperti saham, obligasi dan lainnya.
  • Aset, seperti properti dan kendaraan.
  • Rekening dana pensiun dengan memiliki bunga yang cukup tinggi.

Bagaimana Cara Melek Finansial?

  1. Membuat perencanaan keuangan dengan matang dan baik : Dalam membuat perencanaan keuangan ini, pertama perlu untuk membuat target pencapaian keuangan pada tiap bulannya. Kemudian lakukan evaluasi sampai benar-benar memahami dan mempraktikkan rencana keuangan sampai berhasil.

 

  1. Dengan menyiapkan dana darurat : Dengan caranya yaitu cukup sisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung di rekening khusus sampai terkumpul sesuai pada jumlah yang diinginkan. Dalam menentukan dana darurat ini seseorang perlu menyesuaikan dengan pengeluaran tiap bulannya.

 

  1. Berhati-hati saat menggunakan kartu kredit : Kartu kredit ini bukan dompet kedua yang dapat digunakan sesuka hati dalam membeli dan menggunakan berbagai keperluan atau layanan yang tidak terlalu penting. Dengan memiliki kartu kredit ini sebagai alat pembayaran yang tiap bulannya wajib dilunasi.

 

  1. Pangkas pengeluaran dan mulailah untuk berhemat : Tujuannya agar kondisi keuangan tetap stabil dan dapat memulai menyisihkan uang untuk ditabung atau diinvestasikan.

 

  1. Melunasi semua utang : Bagi seseorang yang paham akan pentingnya melek finansial akan menghindari berhutang atau membeli barang dengan kredit, karena mereka lebih suka menggunakan uangnya untuk ditabung atau berinvestasi.

 

  1. Dapatkan penghasilan tambahan : Untuk mendapatkannya tidak perlu lagi menunggu hingga memiliki banyak uang untuk membuka usaha sampingan. Pada zaman sekarang ini dengan memanfaatkan internet dan gadget, seseorang sudah bisa untuk menghasilkan pendapatan tambahan.

 

  1. Pisahkan tabungan dengan investasi : Menabung merupakan upaya agar mengumpulkan uang dengan tujuan yang tertentu, sedangkan investasi merupakan kegiatan dalam mengembangkan dan menambah nilai uang dengan tujuan yang tertentu.

 

  1. Persiapan dana pensiun sejak dini : Dengan dianjurkan sejak di usia muda dan masi bisa giat dalam bekerja, dengan caranya yakni menyisihkan sebagian pendapatan pada rekening khusus untuk dana pensiun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *