Pengertian dari Ability to Pay

Pengertian dari Ability to Pay

Konsultan Pajak Batam-Semakin banyak orang yang menggunakan jasa konsultan pajak untuk membantu menyelesaikan sejumlah masalah yang berkaitan dengan income tax companies, income tax companies near me, income tax cpa near me, income tax service, dan income tax services in my area yang tersedia di kota Jakarta, Surabaya, Bali, Medan, Batam dan kota lain yang ada kaitannya dengan perpajakan. Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang Apa itu Ability to Pay, simak ulasan berita selengkapnya dibawah ini.

Pengertian

Ability to pay adalah sebuah prinsip dalam pemungutan pajak. Prinsip ini menjelaskan kalau pajak harus dipungut secara adil dengan memastikan terlebih dahulu beban yang ditanggung mencerminkan kemampuan ekonomi wajib pajak untuk menanggung beban tersebut dibandingkan dengan wajib pajak lain.

Prinsip ability to pay dapat digunakan sebagai landasan argumen pada penerapan tarif pajak progresif, pengenaan terhadap pajak modal berbagai tunjangan seperti pensiun dan disabilitas.

Prinsip ability to pay menekankan agar pembebanan pajak pada wajib pajak sudah didasarkan kemampuan masing-masing (Musgrave et al, 1991).

Pajak penghasilan harus dikenakan pada pihak yang mempunyai kemampuan untuk membayar selaras dengan horizontal dan vertical equity (Fleming et al, 2001).

Menurut Mansury (1992) prinsip ability to pay akan mendistribusikan beban pajak sesuai dengan kemampuan wajib pajak itu sendiri untuk berkontribusi dalam pembiayaan pemerintah.

Baca Juga: Pengertian dari Tax Bracket

Untuk mengukur kemampuan seseorang dalam membayar mungkin dengan menilai dari pendapatan bersih, kekayaan, serta pengeluaran.

Secara lebih terperinci, prinsip ability to pay meminta kepada pemerintah dalam memungut pajak harus memperhatikan kemampuan penduduk dalam membayar pajak. Prinsip tersebut berasal dari asas pemungutan pajak Adam Smith yang pertama.

Adam Smith menjelaskan 4 asas pemungutan pajak yang disebut dengan The Four Maxims.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *