Mengenal Manajemen Aset

Mengenal Manajemen Aset

PT Jovindo Solusi Batam akan membantu dan menyelesaikan berbagai permasalahan perpajakan Anda. Kami akan melayani Anda melalui jasa konsultan pajak, jasa pembukuan serta jasa manajemen. Nah kali ini, PT Jovindo Solusi Batam akan memberikan informasi terkait Manajemen Aset. Simak terus untuk informasinya.

Pengertian Manajemen Aset

Manajemen aset merupakan proses pengelolaan pada aset, baik itu milik perseorangan atau kelompok (perusahaan, lembaga atau organisasi) dan dilakukan dengan efektif serta efisien dalam mencapai tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya. Berikut ini pengertian dari para ahli, yakni :

  1. Danylo & Lamer (1999) : Manajemen aset adalah metodologi dengan efisien dan adil mengalokasikan sumber daya. Adapun kegiatan yang dilakukan mengenai manajemen aset ini, yaitu :
  • Mengidentifikasi sumber daya yang dibutuhkan pada perusahaan
  • Mengidentifikasi kelayakan atau kebutuhan jumlah dana yang dimiliki pada perusahaan
  • Memperoleh aset dari pihak lain
  • Menyediakan dan menyiapkan sistem dukungan logistic dan pemelirahaan aset yang dimiliki perusahaan
  1. Gima Sugiama (2013) : Manajemen aset yaitu ilmu yang terdapat berbagai panduan dalam pengelolaan kekayaan atau sumber daya yang dimiliki oleh suatu entitas. Adapun kegiatan yang mencakupkan berbagai prosesnya, yakni merencanakan, menilai, mendapatkan, mengoperasikan, memelihara, membaharukan serta menghapus.

Fungsi dan Tujuan Manajemen Aset Bagi Perusahaan

Berikut ini beberapa fungsi dan tujuan dari manajemen aset bagi perusahaan, diantaranya yaitu :

  • Menjaga nilai aset yang dimiliki oleh perusahaan dan menghindari kerusakan aset agar tidak menyebabkan turunnya nilai jual.
  • Memantau terjadinya penyusutan aset pada perusahaan.
  • Untuk memudahkan perusahaan dalam membuat anggaran.
  • Mencegah perusahaan melakukan pembelian yang berlebihan.
  • Menciptakan manajemen risiko.
  • Untuk meningkatkan keamanan aset yang dimiliki oleh perusahaan.
  • Menjadikan bagian penting untuk penyusunan neraca akuntansi.

Tahapan Siklus Manajemen Aset Secara Umum

  1. Perencanaan Kebutuhan Aset Bagi Perusahaan : Yaitu termasuk kebutuhan pengadaan sumber daya, perawatan sumber daya, inventaris dan lainnya dengan tujuan agar perusahaan dapat meminimalisir kerugian dan meningkatkan profit.
  2. Pengadaan Aset yang Dibutuhkan : Yaitu caranya membeli barang atau jasa dengan sesuai apa yang dibutuhkan perusahaan dan perusahaan dapat melakukannya sendiri atau menggunakan jasa dari pihak lain.
  3. Melakukan Inventaris : Yaitu dengan pencatatan dan pengecekan kualitas dan kuantitas dari aset yang dimiliki oleh perusahaan serta perusahaan perlu memperhatikan kondisi dari aset tersebut.
  4. Melakukan Legal Audit : Dengan bertujuan untuk melihat status kepemilikan, prosedur pengadaan, sistem dan alur pengalihan serta mecarikan solusi saat aset terkena masalah hukum.
  5. Pengoperasian dan Pemeliharaan Aset : Yaitu aset pada perusahaan digunakan dalam melakukan pekerjaan yang sesuai pada fungsinya. Supaya mencapai tujuan dan target yang telah direncanakan perusahaan serta melakukan pemeliharaan agar aset bisa digunakan sampai jangka panjang.
  6. Melakukan Penilaian : Degan mengetahui secara terperinci mengenai nilai kekayaan yang dimiliki perusahaan dan mengecek histori aset yang sebelumnya sudah dialihkan atau dihapus.
  7. Penghapusan : Yaitu bagi aset yang dianggap tidak menguntungkan pada perusahaan akan dihapus dan proses penghapusan ini ada dua bagian, yakni pengalihan aset dan pemusnahan aset.
  8. Melakukan Pembaharuan Aset : Yaitu dengan melakukan penggantian suku cadang atau lainnya, supaya aset bisa bekerja seperti semula dan bisa digunakan sampai masanya berakhir, maka perusahaan tidak harus membeli aset baru untuk menggantikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *