Mengenal Prive: Definisi, Perlakuan Pajak dan Tips Pengelolaannya

Konsultan Pajak Batam – Kian makin banyak orang  menggunakan Konsultan Pajak untuk menyelesaikan pengajuan PPN,  pelaporan pajak online dan layanan pelaporan pajak tahunan di Jakarta, Bali dan Surabaya serta daerah yang terkait pajak. Nah Kali ini  akan diberikan penjelasan tentang  “Mengenal Prive: Definisi, Perlakuan Pajak dan Tips Pengelolaannya

Definisi Prive

Prive adalah penarikan modal oleh pemilik bisnis atau investor untuk penggunaan pribadi. Modal bisa berupa uang tunai atau aset.

Pada umumnya pemilik usaha atau penanam modal dapat menarik kembali modal yang telah diserahkan kepada perusahaan oleh pemilik usaha atau penanam modal.

Namun, kegiatan tersebut dapat mempengaruhi permodalan perusahaan. Oleh karena itu, penarikan modal  tidak dapat dilakukan apa adanya.

Ada prosedur yang harus dilalui  pemilik usaha sebelum akhirnya melakukan penarikan modal. Minimal, pemilik bisnis memiliki kewenangan yang berwenang untuk  menarik dana atau aset dari perusahaan.

Transaksi penarikan modal ini terbagi  dalam empat kategori, antara lain:

  1. Membagi keuntungan dalam bentuk apapun atas nama baik.
  2. Upah dibayarkan kepada mitra aktif dan pasif yang modalnya tidak dibagi menjadi saham.
  3. Anggota perseroan komanditer (CV) yang menggunakan dana untuk keuntungan pribadi.
  4. Mitra aktif atau pasif menarik modal.

Pencatatan Prive dalam Laporan Perubahan Modal

Karena mengurangi modal,  penarikan ini harus dicatat dalam rekening perusahaan, yaitu pada laporan perubahan modal. Ada tiga cara untuk menghitung modal saat menyiapkan laporan perubahan modal, termasuk:

  • Mencatat penarikan pengurangan modal, metode ini diterapkan ketika investor menarik uang secara langsung dengan mengurangi modal.
  • Mencatat penarikan dalam piutang, yang berarti bahwa investor harus mengembalikan uang atau modal yang telah ditariknya. Cara ini membutuhkan komitmen yang kuat agar tidak mengganggu aliran modal perusahaan.
  • Jangan memasukkan hak istimewa dalam laporan laba rugi, yang berarti bahwa penarikan didebit bukan sebagai beban dalam laporan laba rugi, tetapi sebagai pengurang modal, langsung dalam laporan laba rugi. modal. Mode tulis ini dibuat karena penarikan bukan bagian dari bisnis.

Tips –Tips Pengelolaan Modal

Penarikan modal ini memegang peranan yang sangat penting bagi perusahaan. Jika tidak dikelola dengan baik, akan berdampak negatif bagi perusahaan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengelola prive.

  • Penyiapan Dana Cadangan

Dana cadangan digunakan untuk kebutuhan yang tidak terduga dan mendesak. Dana cadangan bukan merupakan bagian dari kelompok individu, tetapi dapat digunakan oleh pemilik usaha sebagai cadangan untuk penjangkauan modal. Laba  ditahan dapat digunakan sebagai cadangan bagi perusahaan.

  • Batas penarikan Pemilik

bisnis atau investor tidak disarankan untuk menarik lebih dari 50 investasi awal.

  • Kurang dari Laba yang Diterima

Sebuah perusahaan dapat membuat aturan bahwa keuntungan harus kecil untuk menarik modal. Pastikan tidak ada masalah dengan keuangan perusahaan.

Keuntungan, yang merupakan batasan jumlah penarikan, dapat diperoleh dengan menurunkan harga jual dengan harga pokok penjualan produk.

  • Jangan mempercampuradukkan Urusan perusahaan Dengan Pribadi  

Pemilik usaha sangat dianjurkan untuk memisahkan dana pribadi dari dana perusahaan sehingga tidak perlu menarik modal perusahaan jika terjadi hal-hal yang berkaitan dengan urusan pribadi.

Bahkan jika Anda perlu  menarik dana, sebaiknya jangan berlebihan, terutama tergantung pada gaya hidup Anda.

  • Penilaian penarikan modal

 Penilaian secara berkala dapat dilakukan untuk mengecek saldo debet dan saldo keuangan perusahaan. Juga, pastikan untuk tidak  melebihi stok dan modal yang dimiliki oleh pemilik bisnis atau investor individu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *