Cara Menanggapi jika dikenakan SP2DK

Cara Menanggapi jika dikenakan SP2DK

Konsultan Pajak Batam (PT Jovindo Solusi Batam) merupakan perusahaan yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan pelayanan khususnya dibidang perpajakan dan pembukuan (Tax and Accounting Service). Konsultan pajak batam sudah memiliki pengalaman, keahlian, serta pemahaman yang baik dibidang perpajakan dan pembukuan. Kami selalu siap membantu anda dalam hal yang berhubungan dengan perpajakan dan pembukuan.

Adapun jasa-jasa kami yaitu, Jasa Konsultan Pajak Batam ( jasa pengurusan pajak, jasa konsultasi pajak, jasa pelaporan pajak, jasa pengampunan pajak / jasa tax amnesty ), jasa pembukuan dan jasa lainnya sesuai kebutuhan anda.

Nah, Kali ini PT Jovindo Solusi Batam akan memberikan informasi terkait Penghasilan Bruto. Nah, Pada artikel kali kita ini akan memberikan  informasi mengenai ‘’ Cara Menanggapi jika dikenakan SP2DK ’’

 

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mengeluarkan SP2DK dengan tujuan menyampaikan informasi kepada wajib pajak dalam bentuk sebuah surat. Surat tersebut disebut dengan Surat Permintaan Penjelasan atas Data dan/atau Keterangan (SP2DK), dimana data atau keterangan yang akan diminta oleh DJP terdapat pemenuhan kewajiban yang belum disesuaikan dengan ketentuan perpajakan. Biasanya data yang diperlukan berupa kumpulan informasi seperti SPT, rekaman data dari sistem informasi kantor pajak, serta data pendukung lainnya.

DJP dapat menerbitkan SP2DK selama belum lebih dari 5 tahun setelah terutang pajak atau berakhirnya masa pajak, bagian tahun pajak, atau tahun pajak. Penyampaian SP2DK oleh KPP bisa melalui pos, jasa ekspedisi, atau faksimili wajib pajak. Bahkan KPP dapat menyampaika SP2DK  secara langsung, dengan mengunjungi wajib pajak terkait atau secara daring seperti video conference.

Hal yang Seharusnya dilakukan saat dikenakan SP2DK

Wajib Pajak dapat menanggapinya, mengakui atau menyanggah apa yang terdapat didalam SP2DK kepada KPP ataupun Account Representative (AR). Tetapi sebelum Wajib Pajak menanggapi, pastikan terlebih dahulu kesesuaian data dan keterangan yang akan diberikan pada SP2DK sesuai. Jika perlu informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Account Representative yang tertera dalam SP2DK. Jika memang ada ketidaksesuaian data atau keterangan, wajib pajak diperbolehkan melakukan klarifikasi dengan menyertakan bukti yang nyata.

Cara menanggapi SP2DK sebagai berikut :

  • Wajib Pajak bisa menanggapi langsung dengan mendatangi KPP membawa serta dokumen yang memang diperlukan untuk tujuan klarifikasi. Tim pajak nantinya akan memasukkan tanggapan dalam berita acara pelaksanaan permintaan penjelasan yang selanjutnya akan ditandatangani.
  • Wajib Pajak bisa menanggapi secara tertulis dengan menyampaikan SPT perbaikan yang berdasarkan SP2DK ataupun pernyataan tertulis yang memuat pengakuan atau penyangkalan dari apa yang termuat dari SP2DK.
  • Wajib Pajak juga dapat memberikan tanggapan melalui video conference dan menandatangani dokumen yang diperlukan. Namun jika wajib pajak tidak dapat memenuhi undangan video conference, maka dari itu tim pajak akan menindaklanjuti data atau keterangan yang sudah ada kemudian membuat kesimpulan dan memberikan rekomendasi untuk menindaklanjuti.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *