Apa Itu EFIN Pajak?

Apa Itu EFIN Pajak?

Konsultan pajak batam-sangat banyak masyarakat yang ingin menggunakan jasa layanan ini untuk menyelesaikan pengajuan PPN, pelaporan pajak online ataupun layanan pelaporan pajak tahunan di Jakarta, Bali dan di Surabaya, dan di daerah-daerah yang mungkin terkait dengan pajak.Berikut penjelasan tentang”APA ITU EFIN PAJAK?”

Dalam era digital seperti sekarang ini semua dapat dilakukan serba online termasuk pajak.Tetapi untuk melakukan aktifitas pajak online itu memerlukan EFIN. EFIN Pajak tersebut diperlukan untuk membuat akun dalam melakukan aktifitas pajak online. EFIN pajak berbentuk nomor identitas.

Tetapi ternyata masih banyak sekali Wajib Pajak yang belum mengetahui tentang apa itu EFIN pajak dan bagaimana cara membuat EFIN itu. Jika tidak memiliki EFIN maka Wajib Pajak tidak akan bisa melakukan aktifitas pajak online. Oleh karena itu kali ini kami akan membahas pengertian dari EFIN Pajak dan juga jenis EFIN yang nantinya setelah itu juga akan dibahas bagaimana cara membuat EFIN langsung dan juga cara membuat EFIN online

Apa itu EFIN?

EFIN atau Electronic Filing Identification Number merupakan nomor identitas yang diterbitkan oleh DIrektorat Jenderal Pajak (DJP) untuk wajib pajak yang melakukan transaksi elektronik perpajakan, seperti lapor SPT melalui e-Filing dan pembuatan kode billing pembayaran pajak.EFIN itu berbentuk nomor seperti NPWP. Sistem EFIN tersebut akan menjamin wajib pajak dalam melakukan aktivitas pajak dengan keamanan yang sangat baik. Jika dulu lapor dan bayar pajak harus datang langsung ke kantor pajak, setelah era digital seperti sekarang ini semuanya bisa dilakukan dari rumah saja. Namun, setelah semakin canggihnya teknologi, ada kemungkinan data kita akan bocor. Nah, di sinilah salah satu fungsi dari EFIN.

Setelah EFIN yang sudah kamu miliki aktif, kamu bisa menggunakannya​ untuk registrasi di situs aplikasi DJP Online. Untuk kamu yang sudah terdaftar, EFIN ini juga akan diperlukan jika akan melakukan reset password maupun email di situs aplikasi DJP Online. Jadi, simpanlah EFIN milikmu dengan baik.

Jenis – Jenis EFIN

Berdasarkan pada penggunaannya EFIN itu di bagi menjadi 2 jenis, yaitu EFIN yang diperuntukan bagi Wajib Pajak Badan atau perusahaan dan juga EFIN yang diperuntukan bagi Wajib Pajak Orang Pribadi. Apa yang membedakan antara keduanya? Syarat – syarat yang diperlukan sangat berbeda untuk Wajib Pajak orang Pribadi dan Wajib Pajak Badan, tetapi cara membuatnya tetaplah sama.

Manfaat EFIN

Ada Beberapa manfaat dari aktivasi EFIN yang harus diketahui antara lain :

  • Melalui EFIN, seorang wajib pajak dapat melakukan akses sistem pajak secara online dan melaporkan SPT Tahunan tanpa perlu antre di KPP.
  • EFIN akan menjamin kerahasiaan data yang sudah kamu masukkan ke dalam sistem pajak online.
  • Jika kamu melaporkan pajak secara online, maka data-data kamu sudah terekam di sistem pajak. Lalu,untuk melakukan laporan pajak tahun berikutnya, maka kamu tidak harus mengulang isian dari awal lagi.

Dengan anda memiliki EFIN pajak pribadi ataupun juga EFIN badan, Taxmates sebagai wajib pajak dapat melakukan lapor pajak secara online, tanpa harus repot–repot datang ke Kantor Pelayanan Pajak maupun KPP terdekat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *