Ini Cara Menyusun Laporan Keuangan Konsolidasi untuk Perusahaan

Konsultan Pajak Batam – Sebagian besar banyak masyarakat menggunakan jasa layanan untuk menyelesaikan permasalahan terkait layanan pelaporan PPN, layanan pelaporan pajak online, dan layanan pelaporan pajak tahunan, di Jakarta, Bali dan Surabaya serta di daerah-daerah yang terkait dengan perpajakan. Nah, Kali ini akan jelaskan tentang “Ini Cara Menyusun Laporan Keuangan Konsolidasi untuk Perusahaan.’’

Laporan Keuangan Konsolidasi

Laporan keuangan konsolidasi (consolidate financial statement) adalah laporan yang menyediakan informasi keuangan milik induk perusahaan dan anak perusahaan dalam satu laporan seperti mereka satu entitas. Jika suatu perusahaan tidak mempunyai persyarat syaratan di atas, cukup membuat laporan keuangan mandiri.

Tujuan dan Manfaat Laporan

Penyusunan laporan keuangan ini memiliki tujuan untuk memberikan gambaran objektif secara keseluruhan tentang posisi keuangan dan aktivitas kelompok perusahaan (perusahaan induk dan anak perusahaan) sehingga dapat dipahami oleh pihak yang berkepentingan, seperti investor dan juga auditor.

Penyusunan laporan keuangan ini juga dapat mengurangi kebutuhan untuk menyiapkan laporan keuangan baru. Misalnya, perusahaan induk memiliki banyak anak perusahaan, sehingga banyak laporan keuangan independen yang perlu direview. Oleh karena itu, laporan keuangan konsolidasi memudahkan perusahaan untuk membaca dan mengevaluasi posisi keuangan mereka secara keseluruhan.

 

Cara Membuat Laporan Keuangan Konsolidasi

Pembuatan lapoan keuangan konsolidasi memiliki bagian yang sama dengan laporan keuangan biasa, yaitu terdiri dari laporan neraca (balance sheets), laporan laba rugi (income statements), dan laporan arus kas (cash flow statements).

Pada laporan keuangan konsolidasi, terdiri dari bebrapa neraca konsolidasi, laporan laba rugi konsolidasi, laporan laba ditahan konsolidasi, dan laporan arus kas konsolidasi.

Cara menyusun laporan ini  dengan meletakkan laporan laporan keuangan entitas induk serta entitas anak perusahaan dengan metode bersisian dalam sebuah kertas kerja konsolidasi. Penyusunan menggunakan Microsoft Excel dan juga software akuntansi.

Lalu, bagaimana cara membuatnya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Mulailah dengan melihat laporan keuangan induk dan  anak perusahaan secara keseluruhan. Periksa catatan untuk kesalahan atau kelalaian dan perbaiki.
  2. Sesuaikan laporan untuk mengecualikan laporan laba rugi antara masing-masing perusahaan.
  3. Tidak termasuk laba dan dividen anak perusahaan.
  4. Mengembalikan saldo rekening investasi anak perusahaan sebagai saldo awal periode.
  5. Penghapusan saldo sisa dari laporan anak perusahaan  awalnya tercermin dalam laporan keuangan perusahaan induk.
  6. Penghapusan modal yang sebelumnya diakui dari keuangan anak perusahaan.
  7. Melakukan penyelesaian dan penyusutan selisih nilai.
  8. Hapus residu pernapasan lainnya seperti hutang, pendapatan dan pengeluaran.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *